Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Tahap Pertama, Unpas Serahkan Bantuan LLDIKTI IV Wilayah Bandung 2 untuk Cianjur

Tahap Pertama, Unpas Serahkan Bantuan LLDIKTI IV Wilayah Bandung 2 untuk Cianjur

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”57468″ img_size=”large” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_column_text]BANDUNG, unpas.ac.id-  Universitas Pasundan mengirimkan bantuan logistik untuk masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Sabtu (26/11/2022).

Selaku koordinator penggalangan dana dan logistik peduli Cianjur di LLDIKTI IV Wilayah Bandung 2, Unpas menaungi 51 Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Wakil Rektor II Unpas yang sekaligus Person In Charge (PIC) Penggalangan Bantuan Bencana Alam Cianjur Dr. Ir. H. Yudi Garnida, M.P. mengatakan, pendistribusian bantuan ini merupakan tahap pertama dari Wilayah Bandung 2. Unpas telah membuka posko di Kampus II, Jalan Tamansari Nomor 4-8, Kota Bandung.

“Berdasarkan Surat Keputusan (SK) LLDIKTI IV yang diterima pada (22/11), Unpas bersama 13 perguruan tinggi lainnya menjadi koordinator bertugas mengoordinir dan menghimpun bantuan, hari ini kami mulai mendistribusikan tahap pertama,” paparnya.

Wakil Rektor II Unpas, Dr. H. Ir. Yudi Garnida, MP. (kedua kanan) mengunjungi posko di Kampus UNPI, Kabupaten Cianjur. (Foto:RicoB)

“Kami juga sudah mengirimkan surat ke perguruan tinggi yang di bawah koordinasi Unpas, donasi masih kami buka,” lanjutnya.

Dikatakan Dr. Yudi, LLDIKTI IV masih membuka penyaluran donasi hingga 29 November 2022. Nantinya, pendistribusian selanjutnya (tahap dua) akan dilaksanakan antara 30 November – 1 Desember 2022.

“Dikarenakan bantuan harus segera didistribusikan, Unpas langsung bergerak cepat mengirimkan bantuan,” ujarnya.

Adapun bantuan tahap pertama yang disalurkan di antaranya selimut, pakaian, bensin, tikar, air mineral, dan makanan. Bantuan dikirimkan ke Posko LLDIKTI IV yang berlokasi di Universitas Putra Indonesia (UNPI) Cianjur. Selanjutnya, akan disalurkan ke sejumlah kecamatan yang terdampak.

Bantuan Sudah Diterima

Wakil Rektor III UNPI sekaligus Koordinator Posko LLDIKTI IV, Pradika Sulaeman, S.Ab., M.M. menerima langsung bantuan yang diwakili Unpas. UNPI ditunjuk oleh LLDIKTI IV sebagai posko tanggap bencana dan telah beroperasi sejak (23/11) lalu. Beberapa bantuan sudah berdatangan, dan relawan siaga di tempat tersebut.

“Bantuan akan kami kirimkan ke wilayah yang paling terdampak, seperti Kecamatan Cugenang dan Warungkondang, serta wilayah lainnya bertahap,” ujarnya.

Posko LLDIKTI IV. (Foto:Rico B)

Setelah penyaluran donasi selesai, tim Unpas berkunjung ke Posko Paguyuban Pasundan untuk menindaklanjuti koordinasi pemberian bantuan berikutnya sekaligus pemetaan langkah yang akan dilakukan terkait tahap rekonstruksi, rehabilitasi, dan pemulihan untuk korban yang terdampak musibah *(Rico)[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]