Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Sosialisasi UNJA LESTARI, “Green Habit for Sustainable Living”

Sosialisasi UNJA LESTARI, “Green Habit for Sustainable Living”

JAMBI,- Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan “Sosialisasi Kampus UNJA LESTARI” yang ditujukan bagi para civitas akademika UNJA khususnya bagi para pimpinan di tingkat universitas, lembaga, unit, fakultas, jurusan, dan prodi. Kegiatan yang mengusung tema “Green Habit for Sustainable Living” tersebut dilaksanakan pada hari Senin (28/11/2022) di Aula Lantai 2 Gedung Mahligai 9.

UNJA LESTARI (Legal – Efisien – Smart – Terukur – Asri – Ramah – Inovatif) sendiri merupakan program Green Campus yang dicanangkan oleh UNJA berdasarkan keikutsertaannya dalam pemeringkatan UI Green Metric untuk mengetahui usaha berkelanjutan kampus-kampus di seluruh dunia dalam bidang pendidikan dan penghijauan kampus untuk tujuan-tujuan berkelanjutan (sustainable).  

Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor UNJA yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si. Turut hadri juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si., seluruh dekan fakultas dan ketua lembaga atau yang mewakili, serta civitas akademika lainnya yang berjumlah kurang lebih 50 orang peserta.

Kegiatan sosialisasi tersebut mengundang 2 orang narasumber yaitu Dr. Ruki Harwahyu, ST., MT., MSc. dari Universitas Indonesia dan Lindawati, S.Pt., M.Si. selaku Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Provinsi Jambi. 

Ketua Pelaksana kegiatan sosialisasi UNJA LESTARI, Ir. Oki Alfernando, S.T., M.T., dalam laporannya menyampaikan harapan dari terselenggaranya sosialisasi tersebut.

“Tujuan kami menyelenggarakan kegiatan ini adalah mensosialisasikan program UNJA LESTARI agar dapat memahami pentingnya keberlangsungan UNJA yang lestari. Dari poin-poin yang sudah kita unggah sebelumnya dalam perangkingan, semoga kita bisa masuk ke dalam perangkingan UI Green Metric. Mari kita ikuti acara ini dengan baik dan lancar serta memperoleh manfaat,” ujar Ir. Oki.

Rektor UNJA yang diwakili Dr. Drs. Kamid, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan harapannya terhadap pembangunan hijau dan kesuksesan program UNJA LESTARI di lingkungan Universitas Jambi.

“Pembangunan di masa depan harus menyikapi lingkungan dan penghijauan. Kami sudah berkomitmen terhadap hal ini yang salah satunya adalah unit UNJA LESTARI. Ini sudah dicanangkan oleh bapak Rektor beberapa bulan yang lalu bahwa UI Green Metric didukung penuh oleh UNJA. Semoga pohon-pohon yang sudah ditanam pada launching tempo hari bisa terus tumbuh yang hijau dan menjadi tanda pembangunan hijau di UNJA. Terima kasih kepada narasumber yang sudah hadir dan memberi semangat kepada kami semua,” tutur Dr. Kamid.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS