Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Kegiatan Kunjungan Industri & Studi Banding Kompetensi Keahlian Animasi

PRINGSEWU-(08/09/2022) Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kinerja suatu Pendidikan . Acara inti dari kegiatan Studi banding Ini adalah untuk membangun relasi serta bertukar pikiran demi meningkatkan kinerja layanan dalam pendidikan . Studi banding kali ini diadakan Prodi Animasi SMKN1 Gadingrejo di SMKN 1 Bandar Lampung pada tanggal 08 September 2022. Kegiatan ini merupakan ajang untuk berdiskusi terkait dengan program kerja dan model pengajaran d Prodi Animasi yang telah terlaksana maupun yang baru akan dilaksanakan. Pada kegiatan ini, dilaksanakan pemaparan program kerja masing-masing dan juga sesi diskusi tanya jawab antar Prodi SMKN1 Gadingrejo dengan SMKN1 Bandar Lampung.
Siswa-siswi SMKN1 Gadingrejo sangat aktif dalam kegiatan Diskusi Selain kegiatan Studi Banding Prodi ANIMASI SMKN1 Gadingrejo juga melakukan Kunjungan Industri ke VENTURA STUDIO.

KUNJUNGAN INDUSTRI SEBAGAI AWAL IMPLEMENTASI LINK AND MATCH
Link and match diterjemahkan menjadi keterkaitan dan kesepadanan. Jika dikaitkan dengan wawasan masa depan maka link and match mengandung pemikiran bahwa produk pendidikan yang kita peroleh saat ini adalah produk pendidikan masa lalu, dan proses pendidikan yang kita lakukan sekarang ini adalah untuk masa depan. Hal ini berarti program pendidikan pada SMK yang berproses selama tiga tahun, disiapkan untuk menghasilkan tamatan yang memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan tiga tahun mendatang, dan memiliki bekal dasar untuk pengembangan diri di masa depan. Disamping itu perlu diingat bahwa dunia kerja yang menjadi lapangan hidup lulusan SMK adalah dunia ekonomi, dunia yang mengandung fenomena persaingan dan kerjasama, sekaligus dunia yang cepat mengalami perubahan. Oleh karena itu program pendidikan di SMK minimal harus mengandung tiga muatan yaitu yang pertama, kompetensi produktif yang memungkinkan lulusan sesegera mungkin bekerja setelah lulus dari sekolah; ke dua memiliki keunggulan sebagai faktor keunggulan kompetitif menghadapi persaingan, dan sebagai modal kuat untuk menjalin kerjasama; dan ke tiga memiliki bekal dasar pengetahuan, keterampilan dan sikap, sebagai bekal dasar untuk penyesuaian diri menghadapi perubahan.

Memperhatikan alasan di atas maka, SMK N 1 Gadingrejo terus berupaya untuk menyiapakan siswa-siswinya agar mampu menjadi aset bangsa yang dapat terlibat dalam pembangunan di masa depan. Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan salah satu yang diprogramkan setiap tahun yaitu kegiatan kunjungan industri dengan tujuan untuk mengembangkan wawasan siswa terhadap dunia kerja. Dengan kunjungan industri siswa akan belajar mengenal kegiatan-kegiatan yang ada di industri, siswa akan melihat proses kerja yang dilakukan karyawan, siswa dapat belajar bagaimana prosedur operasi standar yang harus dilakukan oleh seorang karyawan.Penyerahan Cinderamata oleh Bpk. Anang selaku Kaprodi SMKN 1 kepada Ventura Studio. Antusiasme Siswa-Siswi SMKN1 Gadingrejo menerima materi oleh VENTURA STUDIO