Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Prodi Pend. Bahasa Jerman FBS Perkenalkan Budaya Jerman Lewat Kulturefest 2022

Prodi Pend. Bahasa Jerman FBS Perkenalkan Budaya Jerman Lewat Kulturefest 2022

Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Unimed mengadakan Kegiatan “Kulturfest 2022” di Pelataran FBS Unimed. Kegiatan akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 29 – 30 November 2022. Kegiatan Kulturfest pada tahun 2022 ini mengambil tema “ Bildung beschreibt Kultur (Pendidikan Mencerminkan Budaya)”.

Kegiatan Kulturfest 2022 ini di buka langsung oleh Wakil Dekan I Fakultas Bahasa dan Seni Dr. Wahyu Tri Atmojo, M.Hum. turut hadir  Kaprodi Bahasa Jerman, Ketua Jurusan Bahasa Asing, Dosen, semua fungsionaris dilingkungan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed, serta tamu dari Swiss Krispitoyo Dreyer dan Eliane Dreyer, Mahasiswa Bahasa Jerman dan dimeriahkan ratusan Siswa/I SMA, SMK dan MA di Sumatera Utara.

Kegiatan “Kulturfest 2022” bertujuan untuk Memperkenalkan budaya Negara Jerman di Universitas Negeri Medan serta mempererat persaudaraaan antar mahasiswa/I Bahasa jerman dengan para dosen dan siswa/I dari berbagai sekolah di Sumatera Utara. Serta Meningkatkan Kreativitas dan intelektualitas mahasiswa/i, dan Memperkenalkan budaya Negara Jerman di Indonesia Khususnya di Sumatera Utara, Serta memperkenalkan pembelajaran bahasa Jerman pada kalangan siswa/i SMA,SMK, dan MA yang mempelajari Bahasa Jerman.

Selain itu juga diramaikan oleh ratusan Siswa/i dari berbagai sekolah tingkat SMA, SMK dan SMA se- Sumatera Utara yang juga ikut serta mengisi berbagai perlombaan yang disediakan oleh panitia. Berbagai lomba berbau Bahasa jerman yang dilaksanakan seperti : Kemampuan Bahasa Jerman Tingkat A1, Cerdas Cermat, Susun Kata, Pop Song, Dongeng/Drama, Lomba Fashion Budaya, Tarian Budaya, Poster, Puisi, Debat, Pidato, Kelas Terbaik, dan lomba Makan Roti Jerman.

Kulturfest 2022 yang dilaksanakan ini dimeriahkan dengan penampilan Putra dan Putri Jurusan Bahasa Jerman dengan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Wakil Dekan I Fakultas Bahasa dan Seni Dr. Wahyu Tri Atmojo, M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan “kegiatan ini momen yang sungguh luar biasa karena sudah berapa tahun tidak di terlaksana karena pandemic covid 19. Kami sebagai pimpinan Fakultas sangat mengapresiasi dan sangat menyambut baik kegiatan ini karena dengan kegiatan ini dapat saling bertukar informasi tentang perancangan struktur kurikulum di Prodi masing-masing. Prodi Bahasa jerman berusaha selalu eksis , selain sosialisai ke daerah untuk menjaring mahasiswa dan terbukti prodi bahasa jerman tiap tahun pendaftar selalu meningkat masuk prodi pendidikan Bahasa jerman . Semoga dengan kegiatan ini bisa memotivasi semua mahasiswa untuk bisa tahun depan masuk ke Prodi Bahasa jerman. Semoga acara Acara ini berlangsung dengan baik dan lancar.