Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

KONSER HARMONI WIDYA YUWANA #2

KONSER HARMONI WIDYA YUWANA #2
Penulis: Gisela Dueva Wisanggeni (mahasiswa semester 3); Tanggal 30 November 2022

UKM band, tari, dan paduan suara pada STKIP Widya Yuwana pada tanggal 27 November 2022 berkolaborasi menyelenggarakan konser drama musikal dengan tema “Harmoni Widya Yuwana”. Bertajuk “My Teacher is My Hero”, konser ini menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk menunjukkan kemampuannya, dan juga untuk mengembangkan soft skill-nya seperti berkolaborasi, berkomunikasi, bersosialisasi, berkoordinasi, berorganisasi, dan yang terutama agar mereka mampu berkreasi yang diwujudkan di dalam tarian, nyanyian, iringan musik, dan drama yang dibuat.

My Teacher is My Hero” dipilih menjadi judul dalam konser ini, karena didasarkan hari guru, yang diperingati pada tanggal 25 November 2022 yang merupakan dan juga sesuai visi misi STKIP Widya Yuwana untuk mempersiapkan para calon guru yang unggul dan kontekstual, maka panitia yang terdiri dari gabungan tiga UKM memilih judul tersebut agar para penonton dan pemain mengerti yang seharusnya dilakukan sebagai guru.

Konser dengan tema “Harmoni Widya Yuwana” ini pertama kali pernah diadakan oleh UKM Band sendiri tanpa berkolaborasi dengan UKM yang lain, pada saat awal pandemi covid-19 secara live streaming. Konser yang pertama dianggap sukses, maka UKM Band berinisiatif untuk mengadakan lagi konser dengan tema yang sama dengan diberikan #2, namun judul yang berbeda dan melibatkan 2 UKM Seni yang lain dengan cara berkolaborasi.

Konser ini menampilkan drama mengenai situasi anak sekolah yang terjadi pada umumnya, ada yang nakal, rajin, dan ada yang hanya ikut-ikutan dan drama tersebut menggambarkan bagaimana seorang guru menyikapi apa yang terjadi pada para siswanya, di dalamnya diselingi tarian yang dibawakan oleh UKM Tari dengan diiiringi musik oleh UKM Band dan nyanyian dari paduan suara dengan beberapa beberapa lagu, ada juga adegan yang hanya diiringi oleh pemain musik dan nyanyian.

Konser harmoni Widya Yuwana ini dihadiri secara langsung oleh 60 penonton, dengan viewers mencapai ribuan setelah ditayangkan secara live streaming melalui platform YouTube dalam channel STKIP Widya Yuwana Madiun. Konser harmoni Widya Yuwana ini memperoleh banyak apresiasi dan respon positif dari berbagai pihak, khususnya para penonton. Menurut tanggapan penonton, konser harmoni Widya Yuwana ini berjalan dengan sukses dan memuaskan. Dengan demikian, besar harapan supaya kegiatan konser seperti ini akan kembali diselenggarakan di waktu yang akan datang.