Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

JURUSAN AKL SMK NEGERI 1 BULUKERTO MENGADAKAN KEGIATAN GURU TAMU TENTANG MEMBANGUN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK YANG INOVATIF, BERDAYA SAING DAN PENGENALAN APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA BAGI PESERTA DIDIK

Bulukerto pada tanggal 15 dan 16 Oktober 2022 di ruang pertemuan SMK Negeri 1 Bulukerto, jurusan AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga) mengadakan kegiatan guru tamu dengan tema Membangun Semangat Kewirausahaan Peserta Didik Yang Inovatif, Berdaya Saing Dan Pengenalan Aplikasi Sistem Keuangan Desa Bagi Peserta Didik yang di ikuti oleh peserta didik. Pendidikan mengkolaborasikan pihak sekolah dan industri adalah salah satu momentum baik untuk menghasilkan generasi yang bisa dipakai diberbagai bidang dunia kerja, tidak hanya harus memiliki hardskill akan tetapi yang paling dicari adalah orang yang memiliki softskill, cakap dan sikap yang baik. Berdasarkan pengalaman masih ada kesenjangan antara ilmu yang diperoleh di sekolah dengan di dunia kerja, sehingga sangat diharapkan kegiatan guru tamu ini ada perubahan terjadi pada diri siswa sehingga pada akhirnya siswa SMKN 1 Bulukerto bisa menjadi agen perubahan di masa yang akan datang.

Dasar pengelolaan keuangan Desa harus berpegang pada tata pemerintahan yang baik, yaitu partisipasi, akuntabilitas, transparansi dan keadilan. Dalam rangka akuntabilitas, transparansi dan kecepatan penyelesaian laporan keuangan tersebut, pengelolaan keuangan desa dapat didukung dengan basis teknologi berupa sebuah sistem yang terintegrasi dengan baik, karena akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaan keuangan Desa, serta membantu Pemerintah Desa dalam menyediakan laporan keuangan yang transaparan, akuntabel, dan tepat waktu. Sistem aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pemerintah Desa dalam mengelola keuangannya adalah Siskeudes (Sistem Keuangan Desa), mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan sampai dengan pertanggungjawaban keuangan desa sesuai dengan peraturan yang ada. Dengan melihat latar belakang di atas, dimana pentingnya pengelolaan keuangan desa, maka SMK Negeri 1 Bulukerto mengadakan Guru Tamu dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri untuk pelatihan Siskeudes bagi siswa jurusan AKL. Dengan adanya 2 tema guru tamu tersebut diharapkan peserta didik jurusan AKL dapat meningkatkan kreatifitas untuk menyiapkan diri terjun di dunia industri dan dunia kerja setelah lulus SMK.