Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Pelantikan Lulusan Profesi Insinyur Unika Soegijapranata

Pelantikan Lulusan Profesi Insinyur Unika Soegijapranata
Prosesi Pelantikan Profesi Insinyur SCU

Setelah menempuh satu semester, Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Unika Soegijapranata atau Soegijapranata Catholic University (SCU) telah melantik 17 mahasiswa teknik. Pelantikan berlangsung di Gedung Thomas Aquinas, Ruang Teater Unika Soegijapranata Lt. 3, pada (29/11/22).

Simbolis Pelantikan

Pelantikan dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Dekan Fakultas Teknik, Kepala PSPPI, Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Jawa Tengah, Dewan Pembina PII, mahasiswa PSPPI, dan keluarga mahasiswa.

Dr. Ir. Maria Wahyuni, M.T., Kepala PSPII, menyampaikan bahwa ini perdana diadakan pelantikan. Para mahasiswa yang dilantik ini merupakan mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau).

Pembacaan Janji Insinyur

“Jadi, pelantikan kali ini. Terdiri angkatan pertama (belum pelantikan, tapi sudah selesai masa studinya) sampai angkatan keempat,” katanya.

Kemudian, Maria panggilan akrabnya, menambahkan bila rencananya PSPPI akan ada pembelajaran model reguler. Melalui model ini, mahasiswa yang baru saja lulus sarjana teknik akan diperbolehkan secara langsung mengikuti program profesi insinyur.

“Nah, kalau reguler itu nanti pembelajarannya akan selama satu tahun, satu semester pertama itu dapat teori, kemudian semester kedua melakukan praktik di lapangan. Kemudian, ada pembimbing lapangannya juga. Setelah, itu semua materi sudah selesai akan diujikan, entah itu dalam bentuk webinar atau presentasi dari karya yang sudah dikerjakan,” ungkapnya.

Sambutan Rektor SCU

Talenta Pro Patria et Humanitate

Dalam sambutan, Rektor Unika Soegijapranata, Dr. Ferdinandus Hindiarto, S.Psi., berpesan para mahasiswa PSPPI dengan mengenalkan spirit apa yang sudah diciptakan Mgr. Soegijapranata yakni “Talenta Pro Patria et Humanitate”.

“Talenta itu bakat yang diberikan Tuhan untuk kepada kita, termasuk Anda yang menyelesaikan studi di PSPPI itu, bagi saya adalah sebuah talenta yang harus diberikan untuk patria. Patria itu negara, dan humanitate itu kemanusian,” terangnya.

Sambutan Ir. Pratika Riris S.T., M.T., sebagai perwakilan lulusan PSPPI

“Jadi, semoga tambahan kompetensi yang Anda peroleh sungguh dapat dipersembahkan untuk negara dan kemanusiaan. Melalui karya-karya Anda semua di masing-masing bidang. Saya meyakini bahwa insinyur mempunyai peran yang luar biasa,” sambungnya.

Sementara, dalam sambutannya Ir. Pratika Riris S.T., M.T., sebagai perwakilan lulusan PSPPI, “Saya berharap bahwa pelantikan ini juga dapat membantu meningkatkan marwah Indonesia di mata internasional karena peran insinyur di bidang teknik sangat besar bagi masyarakat. Semoga dapat memberi warna dalam pembangunan Indonesia,” harapnya.

[Humas Unika Soegijapranata/Dim]