Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Seminar Nasional VIII: E-Commerce di Sektor Perikanan dan Kelautan dalam Mendukung Perwujudan SDGs 14

Seminar Nasional VIII: E-Commerce di Sektor Perikanan dan Kelautan dalam Mendukung Perwujudan SDGs 14

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat (FPK ULM) menggelar Seminar Nasional VIII yang tahun ini mengambil tema “E-Commerce di Sektor Perikanan dan Kelautan dalam Mendukung Perwujudan SDGs 14” bertempat di Hotel Q-Daffam Banjarbaru, Selasa (29/11/2022). Seminar dibuka langsung Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad, S.E., M.Si serta turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ir. H. Achmad Syamsu Hidayat, M.P., dan 300 peserta dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Dr. Ir. Hj. Agustiana, M.P mengatakan bahwa tema seminar kali ini dipilih karena pasca pandemi Covid 19 usaha perikanan dan kelautan di Kalsel harus kembali bangkit dan maju dengan adanya kebijakan e-commerce.

“Pengusaha sektor perikanan dan kelautan kita harus mengenal teknologi terbaru dan mengikuti perkembangan zaman dengan menguasai dunia daring dengan adanya e-commerce,” Ucap beliau.

Selain sedang mengadakan Seminar Nasional, Tim dari FPK ULM juga sedang melakukan presentasi terkait budidaya mangrove yang salah satunya terkait komoditas kepiting di Bogor didepan Food and Agriculture Organization (FAO).

“Alhamdulillah ULM diberi kepercayaan untuk memberi masukan ke KKP terkait penangkapan dan penangkaran kepiting mangrove ini,”.

Dr. Ir. Hj. Agustiana, M.P menambahkan bahwa  aturan 12 sentimeter adalah permintaan pasar sehingga FPK akan mengadakan sosialisasi dan melakukan pendidikan kepada penangkap, pembudidaya dan penangkar kepiting di Kalsel untuk melakukan penangkapan sesuai dengan peraturan, bukan atas permintaan pasar.

“Ini yang harus kita sosialisasikan terus agar penangkap dan pembudidaya itu paham aturan jual beli kepiting ini,”.

Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad, S.E., M.Si dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada FPK dan peserta yang berpartisipasi dalam Seminar Nasional di Sektor Perikanan ini. Beliau melihat bahwa seminar ini akan membangun atmosfir pendidikan yang lebih baik bagi para peserta dan perguruan tinggi. Beliau berharap seminar ini akan memberikan outpu berupa peningkatan publikasi nasional dan riset yang memiliki dampak bagi masyarakat, memunculkan gagasan-gagasan baru terkait Ilmu Perikanan Dan Kelautan, Mencari terobosan dalam berbagai pendekatan dalam sisi kelautan terkait dalam Badan Layanan Umum dan juga pengembangan e-commerce terkait bidang perikanan dan kelautan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seminar Nasional VIII tahun ini menghadirkan pembicara kunci Dr. Rudi Alex Wahyudin, S.Pi., M.Si (Kepala Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan RI), Dr. Handito Joewono (Ketua Umum Asosiasi Startup Teknologi Indonesia), Dr. Ir. Ariadi Noor, M.Si ( Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan) dan Prof. Dr. Ir. Emmy Sri Mahreda, M.P ( FPK ULM).