Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Universitas Lambung Mangkurat Mendapat Kunjungan Novia University Finlandia

Universitas Lambung Mangkurat Mendapat Kunjungan Novia University Finlandia

Banjarmasin, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mendapat kunjungan dari Novia University of Applied Science Finlandia.  Sebanyak 5 orang tim dari Novia University hadir yang diketuai oleh Rosmeriany Nahan dalam rangka kunjungan sekaligus realisasi kerjasama antara Universitas Lambung Mangkurat dengan Novia University of Applied Science Finlandia. Acara ini bertempat di kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM dan dihadiri oleh Wakil Rektor IV ULM Prof. Dr. H. Yudi Firmanul Arifin, M.Sc mewakili Rektor Prof. Dr. Ahmad, Se., M.Si yang sedang ada kegiatan Seminar Nasional di Banjarbaru, Selasa (29/11/2022).

Banjarmasin merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kota ini mendapat julukan sebagai Kota Seribu Sungai karena memiliki banyak sekali sungai-sungai. Luas wilayah Banjarmasin sendiri 98,46 km², dan terdiri dari sekitar 25 buah pulau kecil. Julukan seribu sungai nampaknya memang patut disematkan pada Kota Banjarmasin meskipun jika dihitung, jumlah sungai di Banjarmasin tidak mencapai seribu. Kehidupan masyarakat Banjarmasin sangat bergantung dengan pemanfaatan sungai sebagai salah satu prasarana transportasi air, pariwisata, perikanan, dan perdagangan. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya pasar apung di Banjarmasin.  Hal itu pula yang mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi di Kalsel.Maka dari itu, Kalsel khususnya Banjarmasin memiliki daya tarik tersendiri di mata Internasional.

Kalimantan Selatan juga cukup dikenal dengan area lahan basah dimana menurut Global Wetlands Version 3, total lahan basah Kalimantan Selatan adalah sekitar 1.194.471,98 hektare, atau 32,39% dari total luas daratan Kalimantan Selatan. Hal ini selaras dengan Visi ULM “Terwujudnya ULM sebagai Universitas terkemuka dan berdaya saing di bidang lingkungan lahan basah”. Penelitian ULM pun lebih banyak terfokus pada subjek lahan basah. “Dengan mengetahui kondisi daerah, maka dari itu kami fokus kepada lahan basah sehingga dapat memecahkan masalah yang  ada di banjarmasin” Ucap Wakil Rektor. Beliau berharap dengan Realisasi kerjasama yang akan di lakukan oleh ULM dengan Novia University ini dapat menciptakan program-program yang bermanfaat bagi keduanya, mengingat banyak Pusat studi yang dimiliki ULM seperti PHLB ULM (Pusat, Inovasi, Teknologi, Komersialisasi, Manajemen: Hutan dan Lahan Basah), Pusat studi Asean, Pusat studi Mitigasi bencana dalam rangka mengembangkan pengetahuan tentang kebencanaan, menyusun kurikulumnya untuk bisa diterapkan di mata kuliah atau sekolah-sekolah dan masih banyak lagi. Wakil Rektor IV berharap program-program yang kelak akan dilakukan bukan hanya sekedar pertukaran mahasiswa tapi juga terakit dengan penelitian dan publikasi sehinga bisa memberi nilai tambah bagi Universitas. Pertukaran dosen juga sangat diharapkan oleh Wakil Rektor IV dalam rangka mengembangkan wawasan, pengetahuan serta pengalaman mahasiswa dari sudut yang berbeda.

Ketua Tim Novia University, Rosmeriany  Nahan juga sangat berterimakasih atas sambutan hangat yang diberikan. Beliau mengatakan jika dibandingkan ULM, Novia University masih kalah jauh dalam jumlah mahasiswa yang dimiliki, tetapi Universitas ini memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi mahasiswanya untuk mengembangkan diri  seperti memilih prodi yang bagus dimana mereka akan belajar, kemampuan komunikasi, sosial dan kerjasama tim yang bagus serta kemampuan untuk bekerja di lingkungan internasional dan diharapkan program ini akan menjadi wujud nyata untuk mengembangkan kapabilitas mahasiswa bekerja di lingkungan internasional. Novia University tidak hanya memberikan teori pembelajaran tapi juga praktik langsung sebagai tugas mereka dalam rangka memberikan kemampuan terbaik mereka di masa depan.