Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Wakil Menteri Buka Kegiatan ATR “Goes to Campus” di Kampus ULM

Wakil Menteri Buka Kegiatan ATR “Goes to Campus” di Kampus ULM

Setelah mendapat kehormatan dengan kegiatan Kuliah Umum dari Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H, M.H., Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali mendapat kunjungan dan kuliah umum dari Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, Ph.D. Kunjungan dan Kuliah Umum ini mengusung konsep ATR Goes to Campus yang ke 3 di selenggarakan di General Building Universitas Lambung Mangkurat pada Senin (28/11/2022). Acara yang dipadati Mahasiswa ULM yang mengikuti seminar diselenggarakan Kementrian ATR/BPN dengan tema “Wujudkan Transformasi Digital Layanan Pertanahan untuk Pelayanan yang Lebih Cepat, Efisien, dan Transparan”. Sebanyak 800 Mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan yang dihadiri oleh 2 Narasumber yaitu I ketut Gede Ary Sucaya, S.T., M.Sc selaku Kepala Pusdatin dan LP2B dan I made Daging, A.Ptnh.,M.H selaku Direktur Pengaturan Tanah Pemerintah. Pimpinan ULM pun turut hadir dalam acara yakni Rektor Prof. Dr. Ahmad, SE., M.Si sekaligus membuka acara, Wakil Rektor I Prof. Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Ir. H. Achmad Syamsu Hidayat, M.P, Wakil Rektor III Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP beserta Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Kalsel.

Melalui kegiatan ini diharapkan Kementrian ATR/BPN khususnya Kantor ATR/BPN diseluruh wilayah dapat lebih menjalin kerjasama dengan dunia pendidikan khususnya dikalangan Universitas. Salah satu caranya adalah dengan terus menggalakan Komunikasi publik melalui kegiatan ATR Goes to Campus. Selain itu diharapkan ATR/BPN yang bekerjasama dengan kampus-kampus dapat menghasilkan program-program yang bisa menyasar masyarakat terkait isu pertanahan. Saat ini  Kementrian ATR/BPN juga terus melakukan sosialisasi melalui kanal media sosial yang dimiliki contohnya atrbpn.co.id serta membuka saluran publikasi lainnya yang bisa menjangkau semua lapisan masyarakat untuk menyampaikan program-program yang dilaksanakan oleh Kementrian ATR/BPN. Komunikasi 2 arah oleh Kemetrian ATR/BPN juga sudah dilakukan dengan menggunakan saluran pengaduan yang bisa diakses melalui link lapor.go.id dengan menyematkan #tanyaatrbpn di kolom komentar lalu kemudian pihak admin akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Serta melalui Whatsapp di 08111080000 jika ada pertanyaan terkait pelayanan yang disediakan oleh kantor ATR/BPN di wilayah-wilayah mereka.

Rektor dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementrian ATR/BPN kepada Universitas Lambung Mangkurat sehingga bisa menjadi tuan rumah pada acara ATR Goes to Campus ini. Beliau juga sangat mengapresiasi kehadiran mahasiswa yang antusias mengikuti acara ini, mengingat pentingnya pengetahuan akan persoalan mengenai tanah yang terus menjadi polemik di tengah-tengah masyarakat. “tanah merupakan salah satu persoalan yang sangat penting untuk dimengerti dan diketahui proses-proses pengurusan dan posisinya dalam kehidupan manusia.” Ucap Rektor. Salah satu faktor penting dalam pengelolaan bangsa ini adalah mengenai pertanahan yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia karena manusia dari tahun ke tahun makin bertambah jumlahnya. “mari kita dengan seksama untuk memperhatikan apa yang akan disampaikan oleh Wakil Menteri dan para narasumber pada hari ini” Tambah Rektor di akhir sambutannya.