Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

BEM ULM Gelar Seminar Kampus Ramah Disabilitas, Rektor: Mari Berkomitmen

Badan Eksektutif Mahasiswa (BEM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar Seminar Nasional Kampus Ramah Disabilitas. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Lantai 1 Gedung Rektorat ULM Banjarmasin pada Senin (21/11/2022).

Acara ini mengusung tema “Menciptakan Kesetaraan Bagi Penyandang Disabilitas dalam Kemudahan Mengakses Pendidikan” dan mengundang Guru Besar bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Khusus ULM Prof. Dr. Amka, M.Si., dan Founder Banjarbilitas Barkatullah Amin, M.A., sebagai narasumber.

Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad, S.E., M.Si berkesempatan untuk menjadi Keynote Speaker sekaligus membuka seminar nasional. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi pelaksanaan semnas ini. Beliau menyebutkan agenda ini diperlukan dalam memaksimalkan pelayanan yang terabik untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia secara keseluruhan tanpa terkecuali.

“Hal ini berdasarkan Undang-Undang yang berlaku bahwa disabilitas merupakan elemen bangsa yang harus dilindungi haknya,” tutur beliau.

Hingga saat ini ULM memiliki sekitar 44 mahasiswa disabilitas. Hal ini disebutkan rektor juga merupakan tantangan bagi ULM untuk memberikan pelayanan yang terbaik di mana salah satunya yakni kampus wajib untuk menyiapkan sarana dan prasarana dibutuhkan untuk mendukung para penyandang disabilitas.

“Ke depan kita dorong dan komitmen untuk memberikan yang terbaik peserta didik disabiltias, akses pendidikan bagi diasabiltias saya minta rencanakan dan seharusnya ada di ULM,” ucap Rektor di penghujung sambutannya.