Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Psikologi Raih Gold Medal dalam Ajang Bali Christmas Choral Competition 2022

Mahasiswa Psikologi Raih Gold Medal dalam Ajang Bali Christmas Choral Competition 2022
Penampilan Olga dan tim

“Saya bersyukur dapat mengembangkan talenta yang saya miliki, dengan bergabung dalam wadah UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Gratia Choir di kampus Unika Soegijapranata,” ucapnya.

Benedetta Ayusta Olga Kina Amadea

Benedetta Ayusta Olga Kina Amadea, atau sering disapa Olga,  merupakan mahasiswi Psikologi angkatan 2021.

Dengan bekal pengalaman dan keterampilan selama di UKM Gratia Choir,  maka pada awal bulan November 2022, Olga direkrut oleh BNNP (Badan Narkotika Nasional Provinsi) Sulawesi Tenggara. Olga kemudian bergabung dalam tim Paduan Suara yang nantinya akan ikut kompetisi ajang Bali Christmas Choral Competition 2022. Kompetisi ini diselenggarakan pada 24 – 26 November, di Bali.

Tentu kesempatan tersebut tidak Olga sia-siakan, meski harus kerja keras membagi waktu antara studi dan latihan yang dibatasi hanya sekitar dua minggu saja,  namun akhirnya usaha itu berbuah manis. Tim paduan suara Olga yang mewakili BNNP Sulawesi Tenggara, berhasil meraih Gold Medal dengan score 81,50 pada Kejuaraan Nasional Bali Christmas Choral Competition 2022.

Bali Christmas Choral Competition 2022

Dukungan Penuh dari Fakultas

Tim paduan suara yang anggotanya terdiri dari delapan personel ini,  telah membawa salah satu mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata ini, berhasil meraih prestasi terbaiknya.

Saat ditemui di sela-sela kegiatannya,  Olga sempat bercerita tentang awal keterlibatannya dalam ajang kompetisi nasional tersebut. “Hobi saya adalah menyanyi, dan sejak awal memang sudah tertarik gabung di UKM Gratia Choir. Hal tersebut karena sejak Sekolah Dasar saya sudah menggeluti dunia tarik suara, serta selalu bergabung dengan tim paduan suara di sekolah maupun gereja,” ungkapnya.

Thobi

Kebetulan mendapat kesempatan ikut kompetisi di Bali, maka tentu dengan antusias saya mencoba mempersiapkan diri.

Bersama dengan kakak saya Mas Thobie, yang juga anggota Gratia Choir,  saya berlatih dua materi lagu yang harus saya kuasai selama kurang lebih dua minggu. Dan dalam waktu yang singkat itu harus siap untuk diadu dengan tim lain dalam ajang kompetisi nasional,  hal tersebut menurut saya membutuhkan usaha yang kuat.

“Di sisi lain,  pihak fakultas juga mendukung saya dengan memberikan izin untuk mengikuti lomba, demikian juga teman-teman saya juga turut membantu saya, sehingga studi saya tidak tertinggal bahkan masih sempat mengerjakan tugas kuliah di sela-sela  kegiatan lomba.” tutur Olga.

Banyak manfaat yang Olga peroleh selama mengikuti lomba,  diantaranya bisa menambah pengalaman,  pertemanan,  dan tentunya mengasah kemampuan.

“Saya juga berharap,  pengalaman saya juga bisa dirasakan oleh teman-teman mahasiswa lainnya,  yang tentunya masing-masing memiliki talenta yang bisa dikembangkan. Jadi teruslah belajar banyak hal selama masih kuliah supaya kita mendapatkan bekal yang cukup untuk meraih masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.