Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

DUA BELAS (12) INOVASI PERPUSTAKAAN SMP 4 PAKEM MENJADI BAHAN STUDI INSPIRASI SMP IT BAITUSSALAM

DUA BELAS (12) INOVASI PERPUSTAKAAN   SMP 4 PAKEM  MENJADI BAHAN STUDI INSPIRASI SMP IT BAITUSSALAM

Foto : Di akhir sesi kunjungan ditutup dengan penerimaan vandel dan cenderamata.

Sekolah berkarakter juara, bukan hanya jargon belaka bagi SMP 4 pakem.  Semua warga dari kepala sekolah, guru, karyawan, dan orang tua selalu berkolaborasi untuk menyukseskan siswa-siswi untuk selalu berakhlak  mulia, juara dalam segala bidang, dan mempunyai sikap, karakter, mental juara dengan selalu kerja keras tidak boleh menyerah dan selalu supportif dalam segala hal. Dengan kolaborasi yang intensif dan solid  sekolah karakter juara bisa terwujud menjadi kenyataan seperti saat ini.  Kondisi saat ini terlihat perilaku siswa siswi keseharaian yang mengedepankan akhlakhul kharimah, budaya akademik yang sangat tinggi, demikian pula dalam bidang non akademik seperti seni dan olahraga  membudaya dan sekaligus berprestasi.

Salah satu komponen  pendukung  budaya akademik sehingga meraih prestasi tinggi adalah keberadaan perpustakaan. Agar memberikan kontribusi yang berarti dan sekaligus meningkatkan minat pemanfaatan perpustakaan, SMP 4 Pakem melakukan dengan membuat terobosan 12 inovasi. Inovasi perpustakaan SMP 4 Pakem adalah : 1). Program perpustakaan mini, 2).  Pemanfaatan media pembelajaran interaktif, 3). Pembelajaran reguler dengan memanfaatkan perpustakaan, 4). Digitalisasi perpustakaan, 5). Penguatan Gerakan literasi sekolah, 6). Penerbitan majalah sekolah, 7). Pelaksanaan KIR, 8). Jurnalistik, 9). Lomba Poster, 10). Lomba menulis cerpen, 11). Silang Layan, 12). WOTW.

Memperhatikan hasil-hasil yang dicapai terutama dalam mendukung literasi, SMP IT Baitussalam melakukan studi inspirasi ke SMPN 4 Pakem khusus tentang inovasi perpustakaan. Rombongan SMP IT Baitussalam terdiri dari Kepala Sekolah, guru dan pengelola perpustakaan. Penjelasan pihak sekolah disampaikan oleh kepala sekolah Bapak Ponidi dan secara teknis pengelolaan perpustakaan dipaparkan Bapak Andri dan Ibu Rika selaku tenaga kependidikan yang menangani perpustakaan.