Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

UNIMED Juara 9 Nasional PIMNAS Ke-35 di UMM Malang

UNIMED Juara 9 Nasional PIMNAS Ke-35 di UMM Malang

Malang,3/12/2022 – Ditengah-tengah kesibukan kampus dalam berbagai kegiatan akademik akhir perkuliahan semester Gasal 2022/2023. Civitas Unimed memperoleh kabar yang luar biasa membanggakan dan mengharukan karena Tim PIMNAS Unimed meraih Juara 9 Nasional di acara PIMNAS ke-35 di UMM Malang. Setelah beberapa tahun belum mampu bersaing dengan kampus-kampus besar di Indonesia. Terakhir Unimed meraih Juara 10 Nasional PIMNAS 29 Tahun 2016 di IPB. Pada kegiatan mahasiswa paling bergengsi di Indonesia PIMNAS 35 di UMM Malang ini Unimed meraih 1 Medali Emas, 1 Medali Perunggu, dan 1 Juara Favorit dari 7 Tim yang lolos mengikuti Kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 35 Tahun 2022, di UMM Malang yang digelar sejak 29 November s.d 3 Desember 2022. Ada 97 Perguruan Tinggi di Indonesia yang lolos dan berhak mengikuti PIMNAS ini, dan ada 374 Tim Program Kreativitas Mahasiswa PKM yang berkompetisi secara nasional. Ada beberapa kategori PKM yang di kompetisikan dalam PIMNAS, yakni bidang penelitian, kewirausahaan, pengabdian kepada masyarakat, penerapan teknologi, dan penulisan karya ilmiah. Selain itu ada juga PKM Artikel Ilmiah dan PKM Gagasan Tertulis.

Panitia PIMNAS Ke-35 UMM Malang mengumumkan Perguruan Tinggi mana yang berhasil meraih prestasi sebagai juara pada penutupan yang digelar di Dome UMM Malang 3 desember 2022. Juara umum di raih oleh IPB, disusul oleh UGM, ITS, UM, UB, UNHAS, ISI Solo, ITB, UNIMED, dan UNAIR. Alhamdulilah panitia mengumumkan UNIMED berhasil meraih Juara 9 Nasional PIMNAS ke-35 Tahun 2022.

 Selama 4 tahun terakhir, Unimed belum berhasil meraih prestasi hingga 10 besar nasional di PIMNAS yang dilaksanakan oleh Ditjen Diktiristek Kemdikbudristek RI setiap tahunnya. Pada tahun 2022 ini Unimed berhasil meloloskan 7 Tim PKM yang mengikuti PIMNAS ke-35 di UMM. Dari 7 Tim tersebut, seluruh civitas Unimed bersyukur, bangga dan terharu karena 1 Tim meraih Medali Emas kategori persentasi, 1 tim meraih Medali Perunggu kategori poster dan 1 tim meraih Juara Favorit kategori persentasi. Keberhasilan prestasi nasional yang membanggakan ini merupakan buah hasil karya dari proses akademik, pembimbingan yang dilakukan oleh tim dosen pembimbina dan dukungan yang luar biasa dari pimpinan Unimed.

Prof. Dr. Sahat Siagian, selaku Wakil Rektor III yang ikut menyaksikan keharuan peserta Tim PIMNAS Unimed di arena pengumuman pemenang mengatakan, “saya dan tim pendamping merasa terharu dan bergetar jiwa kami pada saat mendengat nama Unimed dipanggil sebagai peraih Medali Emas, Perunggu dan Juara Favorit. Puji Tuhan tiga kali nama Unimed dipanggil sebagai juara, dan Unimed berhasil di daulat sebagai juara ke-9 dari 97 Perguruan Tinggi dan 374 Tim yang berperan sebagai peserta PIMNAS ke-35. Semoga prestasi membanggakan bagi warga civitas Unimed ini terus dapat memacu seluruh mahasiswa Unimed untuk terus berprestasi, kreatif dan maju. Kita melalui kantor wakil rektor III Unimed akan terus berkomitmen memberikan dukungan dan fasilitas dalam semua kegiatan, agar mahasiswa Unimed tahun depan bisa masuk 5 besar atau bahkan merebut sebagai juara umum,”.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes, dikantornya saat menerima kabar dari Wakil Rektor 3 yang mengikuti langsung pengumuman juara-juara PIMNAS 35 di UMM juga ikut bangga dan terharu karena Unimed didaulat sebajai Juara 9 Nasional dengan meraih 1 Medali Emas, 1 Medali Perunggu, dan 1 Juara Favorit. “Rasa bangga, dan terharu karena prestasi di PIMNAS ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi civitas Unimed di kanca pagelaran mahasiswa secara nasional. Tiga tim PKM mahasiswa dan dosen pendamping yang meraih medali, dan 7 tim yang berhasil lolos ke PIMNAS ini harus kita beri apresiasi secara baik, karena telah berhasil mengharumkan nama Unimed di PIMNAS ke 35. Apalagi Unimed berhasil bersaing dan menyisihkan 374 tim dari 97 perguruan Tinggi di Indonesia. Semoga prestasi membanggakan ini dapat memantik dan memacu seluruh mahasiswa Unimed untuk lebih berprestasi masuk 5 besar di PIMNAS ke-36 di UNPAD Bandung Tahun 2023,” ucap Rektor Unimed dengan bangga.

Salah seorang tim yang meraih Medali Emas Sulandari Mahasiswa Fisika FMIPA sebagai ketua tim mengatakan, “kami persembahkan Medali Emas ini buat Unimed kampus tercinta kami, semoga Unimed maju terus dan membanggakan warga Sumatera Utara. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rektor, Wakil Rektor, Dekan, seluruh pimpinan, dosen pembimbing dan tim offisial PIMNAS Unimed yang telah banyak memberikan dorongan dan motivasi, sehingga kami berhasil mempersembahkan medali emas ini untuk UNIMED”. (Humas Unimed).