Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa FKM UAD Raih Juara I dan II di Ajang JPHRC 2022

Mahasiswa FKM UAD Raih Juara I dan II di Ajang JPHRC 2022

Mahasiswa FKM Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada ajang  7th Junior Public Health Researcher Competition (JPHRC) (Foto: Istimewa)

Kongres Nasional (Konas XV) dan Forum Ilmiah Tahunan (FIT VIII) Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) kembali menggelar ajang nasional 7th Junior Public Health Researcher Competition (JPHRC). Kegiatan terlaksana di Hotel Labarsa, Pekanbaru, Riau, pada 24–26 November 2022.

Acara itu menarik 3 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk ikut berpartisipasi dan akhirnya meraih juara. Ayu Saidah peraih juara I dengan judul “Uji Kelayakan Media Video Animasi Manfaat Makan Buah dan Sayur Berbasis Kearifan Lokal”. Sementara itu, Reno Setiaji dan Isah Fitriani berhasil mendapatkan juara II mengambil topik penelitian “Efektivitas Pengembangan Media Flipbook ‘Yuk, Cegah Scabies!’ terhadap Pengetahuan Santri di Pondok Pesantren Al-Islah Yogyakarta”.

Reno saat diwawancarai mengatakan, “Perlombaan ini merupakan ajang bergengsi yang rutin diadakan setiap tahun. Tahun lalu kami belum sempat mengikutinya, sehingga sekarang saatnya ikut bergabung. Apalagi ini sesuai dengan program studi dan bidang keilmuan yang kami ambil. Maka dari itu kami berinisiatif mencoba.”

Persiapan sebelum mengikuti perlombaan adalah dengan melakukan penelitian. Kebetulan penelitian mengambil tempat di pondok pesantren dengan sasaran anak-anak. Metode yang digunakan adalah RnD atau research and development, atau bisa juga diartikan pengembangan dan penelitian. Hasil yang diperoleh merupakan sebuah media berupa flipbook.

“Alhamdulillah, saya merasa sangat senang bisa membawa nama baik UAD di lingkup nasional. Apalagi ketika maju ke podium sebagai juara I sekaligus II diraih oleh UAD. Rasa bangga dan syukur ini semoga dapat menambah motivasi untuk bisa berprestasi lagi di lain kesempatan serta dapat memberikan manfaat,” ucap Reno.

Pesan yang ia sampaikan adalah harus bisa komitmen dengan apa yang sudah diniatkan. Selain itu, jangan takut untuk berprestasi. Manfaatkanlah fasilitas kampus dan kesempatan yang diberikan dengan sebaik-baiknya. UAD sangat mendukung mahasiswa yang ingin berprestasi.

Salah satu slogan UAD adalah prestasi adalah tradisi kami. Sangat banyak kompetisi di luar untuk diikuti. Akan banyak pengalaman yang didapat, seperti menambah relasi dengan teman dari universitas seluruh Indonesia, menambah wawasan, dan juga pengetahuan. (ctr)

uad.ac.id