Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Pertama Kali, Ketua IKAFASYA Hadiri Yudisium Ke-13 Fakultas Syariah

Pertama Kali, Ketua IKAFASYA Hadiri Yudisium Ke-13 Fakultas Syariah

[vc_row][vc_column][vc_column_text]HUMAS UIN SUTHA – Pelaksanaan Yudisium ke-13 Fakultas Syariah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi tahun 2022 berlangsung di Ballroom Abadi Convention Centre pada kamis 1 Desember kemarin (01/12/22).

Pada pelaksanaan yudisium kali ini, Fakultas Syariah kembali menyajikan sebuah hal baru dengan turut menghadirkan Bapak Zakaria Ansori, S.Ag.,M.HI selaku ketua Ikatan Alumni Fakultas Syariah (IKAFASYA) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi periode 2022 – 2026.

 

Keterlibatan hadirnya ketua IKAFASYA bukan tanpa alasan, lulusnya 249 mahasiswa fakultas syariah hari ini tentu secara langsung membuat mereka tergabung dalam keluarga alumni yang dinakhodai oleh ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal yang akrab dipanggil Bang Jek ini.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_images_carousel images=”144865,144866,144867,144868,144869,144870″ img_size=”350X255″ speed=”1000″ autoplay=”yes” wrap=”yes”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text] 

 

Kesempatan menjadi anggota IKAFASYA ini tentu menjadi relasi yang bisa dimanfaatkan oleh para alumni untuk menyambung tali silaturahmi lintas angkatan untuk mendapatkan pelajaran dan pengalaman serta peluang yang mungkin nanti bisa diraih oleh para anggota melalui jaringan IKAFASYA yang saat ini sudah menyebar diberbagai daerah.

 

 

Dekan Fakultas Syariah, Dr. Sayuti,S.Ag.,M.H juga mengatakan kepada para alumni yang hadir hari ini bahwa setelah lulus nantinya mereka harus tetap bersemangat menyongsong masa depan. Karena semangat adalah modal terbesar mengarungi kehidupan ini untuk mencapai kesuksesan diberbagai bidang.

 

Selain memberikan motivasi, pada saat sambutannya beliau juga menyampaikan berbagai mimpi yang saat ini sedang dikejar dan sangat ingin dicapai Fakultas Syariah, meskipun pimpinan sudah sedikit memberikan rambu-rambu pesimis untuk pendirian prodi Ilmu Hukum. Namun, dengan izin dari Rektor UIN Jambi saya masih yakin moratorium untuk prodi Ilmu Hukum masih bisa kita upayakan, karena jika orang lain bisa kenapa kita tidak bisa, tegas Dekan.

 

Dekan Fakultas Syariah juga menyampaikan targetnya akan menyiapkan prodi unggul, kita tetap ambisi untuk meraih prodi unggul. Saat ini sedang berjalan tim persiapan prodi unggul Hukum Keluarga Islam dan Perbandingan Mazhab.

 

Menutup sambutannya, Dekan menyampaikan keyakinannya pada jurnal Al-Risalah milik Fakultas Syariah yang saat ini dalam status Sinta 2 akan segera kita susul agar terindeks Scopus (secara Internasional). Berkaca dari pengalaman sebelumnya pada tahun 2001 waktu itu jurnal Al-Risalah menjadi satu-satunya jurnal terindeks nasional di wilayah Sumatera bagian selatan. Berdasarkan hal ini kami yakin Al-Risalah bisa menjadi jurnal internasional yang terindeks scopus.

 

 

Menanggapi sambutan Dekan Fakultas Syariah, Kepala Biro AUPKK Ibu Sri Ilham Lubis,L.C.,M.Pd menyampaikan apresiasi atas capaian-capaian Fakultas Syariah hari ini yang juga menjadi pendorong bagi capaian Universitas. Selanjutnya beliau juga menyampaikan kepada para alumni, bahwa sebanyak 249 alumni yang lulus hari ini harus terus membangun komunikasi dengan grup alumni karena tentu akan ada program-program dari kampus maupun pembinaan untuk para alumni yang terus ditawarkan seperti pelatihan pendidikan khusus profesi advokat (PKPA) dan pelatihan calon hakim seperti yang dikatakan oileh Dekan.

 

 

Selanjutnya beliau juga memberikan semangat kepada para alumni untuk tidak berhenti belajar baik itu pendidikan formal maupun non-formal. Sebagaimana tema kegiatan yudisium hari ini alumni yang menguasai ilmu hukum dan sosial secara teoritis maupun praktis yang mampu bersaing di era digitalisasi.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]