Kamis, 18 April 2024
Perguruan Tinggi

PARADISE FH UNIB Sukses Gelar Kompetisi Debat Antar SMA Se-Sumbagsel

PARADISE FH UNIB Sukses Gelar Kompetisi Debat Antar SMA Se-Sumbagsel

SETELAH dua tahun terhalang pandemi Covid-19, di penghujung tahun 2022 ini Perhimpunan Mahasiswa Peradilan Semu (PARADISE) Fakultas Hukum UNIB kembali menyelenggarakan agenda tahunan Paradise Law Fair IV. Salah satu rangkaian kegiatannya adalah sukses melaksanakan Kompetisi Debat antar siswa SMA/MA/Sederajat se wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Acara pembukaan kompetisi debat antar pelajar SMA. (foto:ist paradise)

Kompetisi debat yang mengusung tema “Optimalisasi Peran Pelajar Demi Menumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Berpikir Kritis Menuju Indonesia Maju” tersebut dilaksanakan selama tiga hari, 24-26 November 2022 lalu, terpusat di Auditorium Gedung C UNIB kawasan Jalan Beringin Raya Kota Bengkulu.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum UNIB Dr. Amancik, S.H, M.Hum dan didukung penuh oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr. Edra Satmaidi, S.H, M.Hum, Dewan Pembina Paradise, para Akademisi FH UNIB dan para alumni mantan pengurus Paradise periode lalu.

Para peserta debat sedang melalui berbagai tahap penilaian. (foto:ist paradise)

Para peserta merupakan tim debat dari sejumlah SMA/MA/Sederajat dari kota dan kabupaten lingkup wilayah Provinsi Bengkulu dan dari luar Provinsi Bengkulu. Di antara peserta, terdapat tim SMA N 2 Kota Bengkulu, SMA N 8 Kota Bengkulu, SMA 4 Kota Bengkulu, SMA N 1 Kota Bengkulu, SMA Sint Carolus, SMA N 1 Rejang Lebong, SMK N 1 Kota Bengkulu, dan SMA IT IQRA Kota Bengkulu.

Jalannya kompetisi debat dibagi beberapa babak, yaitu babak penyisihan, babak quarter-final, babak semi final, babak perebutan juara 3 dan babak final. Masing-masing peserta bersaing secara ketat untuk memperebutkan posisi tiga tim terbaik dan satu orang best speaker.

Dekan dan Wakil Dekan menyerahkan piala dan hadiah kepada para pemenang. (foto:ist paradise)

Setelah melalui tahapan penilaian oleh Dewan Juri, akhirnya SMA Negeri 2 Kota Bengkulu dinobatkan sebagai Juara I, disusul SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dan SMA Sint Carolus Kota Bengkulu berhasil menduduki Juara II dan Juara III. Sedangkan Best Speaker dinobatkan kepada Muhammad Reza Syah Wahyudi.

“Selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada semua tim dari berbagai SMA/MA/Sederajat se Sumbagsel yang telah berpartisipasi pada ajang ini. Kami juga sangat berterimakasih kepada seluruh jajaran pimpinan FH UNIB, Dewan Pembina Paradise, Dewan Juri, para Dosen dan alumni FH UNIB, serta semua pihak yang telah mensupport dan membantu suksesnya kompetisi debat ini,” ucap Ketua Umum Paradise, Wahyu Satria Robin Hidayat.

Foto bersama dengan para pemenang kompetisi debat. (foto:ist paradise)

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FH UNIB, Dr. Edra Satmaidi, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus Paradise dan panitia yang mampu menyelenggarakan kompetisi debat ini. “Semoga dengan berkegiatan seperti ini para mahasiswa akan terbiasa dan terampil, serta berpengalaman dalam mengorganisir suatu program kegiatan,” ujarnya.

Kemudian bagi para peserta kompetisi kata Dr. Edra, dengan kegiatan ini semakin menambah wawasan dan pengalaman dalam berkompetisi yang berkelanjutan, mengasah keterampilan public speaking yang baik, dan terdorong semangat untuk menjadi kaum milenial yang berpikir kritis dan kompetitif.

Lalu bagi institusi FH UNIB, kegiatan ini sebagai salah satu wadah sosialisasi dan promosi untuk mendapatkan calon-calon mahasiswa terbaik dari wilayah Sumbagsel pada masa akan datang. Melalui ajang ini para pelajar SMA dapat mengetahui bahwa FH UNIB sangat layak dipilih sebagai perguruan tinggi tujuan tempt kuliahnya nanti, sebab FH UNIB yang sudah terakreditasi A secara nasional dan sebentar lagi mempunyai Akreditasi Internasional, tidak kalah saing dengan jurusan ilmu hukum di perguruan tinggi lainnya. Demikian Dr. Edra Satmaidi menjelaskan. [Penulis: Press Release. Editor: Purna Herawan/Humas].