Kamis, 18 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Menguatkan Literasi dan Budaya Kerja Sama Sembari Bersilaturahmi dengan SMA Negeri 1 Manggar Tahun 2022

Menguatkan Literasi dan Budaya Kerja Sama Sembari Bersilaturahmi dengan SMA Negeri 1 Manggar Tahun 2022

        

Bersilaturahmi menguntai kasih
Kasih diuntai untuk dipilin
Meski teknologi sudah serba canggih
Tali silaturahmi harus tetap dijalin

Sama seperti pantun di atas, bersilaturahmi juga sudah sejak lama menjadi budaya masyarakat Indonesia, yaitu sebuah bentuk kegiatan mengunjungi orang-orang terdekat kita. Ini pulalah yang menjadi ciri khas kita sebagai rakyat Indonesia dalam mengeratkan kebersamaan dan rasa kekeluargaan di tengah-tengah perbedaan yang justru tak menjadi penghalang. Bhineka Tunggal Ika yang tak akan pernah padam dan selalu tegak di dalam jiwa masyarakat Indonesia sampai kapanpun itu.

Dengan dasar kekeluargaan yang kuat dan merupakan bagian dari Indonesia dan Kepulauan Bangka Belitung, keluarga SMA Negeri 1 Pemali pada tanggal 1 Desember 2022 lalu berkesempatan untuk bersilaturahmi secara langsung dengan keluarga besar SMA Negeri 1 Manggar. Silaturahmi ini juga sekalian menjadi kunjungan balasan untuk SMA Negeri 1 Manggar yang telah lebih dulu mengunjungi SMA Negeri 1 Pemali pada 14 November lalu.

Keluarga SMA Negeri 1 Pemali disambut dengan sangat baik setibanya di SMA Negeri 1 Manggar. Kepala SMA Negeri 1 Manggar beserta jajarannya menyambut secara resmi keluarga SMA Negeri 1 Pemali di sebuah ruang yang disebut Ruang Nusantara.

Acara resmi ini diawali dengan kata sambutan dari kepala sekolah dari dua sekolah ini. Dalam sambutannya, Bapak Sabarudin lagi-lagi berpantun terlebih dahulu untuk membuka sambutannya. Beliau menuturkan kalau beliau sangat senang dan bersyukur bisa menerima keluarga SMA Negeri 1 Pemali di sekolah tercintanya. Harapan-harapan baik juga tak lupa diucapkannya. Begitu pula dengan Kepala SMA Negeri 1 Pemali, Ibu Eflina, M.Pd.

“Saya harap dengan adanya kunjungan ini kedua sekolah khususnya dan seluruh sekolah di Bangka Belitung dapat menerapkan praktik-praktik baik dan berprestasi tentunya.” Ujar Bapak Sabarudin.

Acara resmi ini tidak memakan waktu yang lama. Setelah acara resmi ini berakhir rombongan SMA Negeri 1 Pemali dipandu untuk menuju ke Kafe Literasi SMA Negeri 1 Manggar. Reyhan Aprilian selaku ketua OSIS SMA Negeri 1 Manggar periode 2022/2023 mengatakan bahwa Kafe Literasi ini biasanya dijadikan sebagai tempat membaca buku ataupun untuk duduk-duduk sambil makan maupun minum.

Di Kafe Literasi ini, dipentaskan berbagai pentas seni dari siswa/I SMA Negeri 1 Manggar. Mulai dari Tari Selamat Datang, lalu ada Tari Kolosal yang dipersembahkan oleh siswa/I kelas XII SMA Negeri 1 Manggar, pertunjukkan band dan angklung, pertunjukkan fashion show batik, juga tari modern dan tari tradisional.

Seusai acara pentas seni dari siswa/I SMA Negeri 1 Manggar, rombongan SMA Negeri 1 Pemali dipandu menuju ruang broadcast di sekolah itu. Adapun tujuan utama kunjungan ini sebenarnya adalah pertemuan kerja sama ini, pertemuan berbagi informasi praktik-praktik baik yang rencananya akan diimplementasikan di SMA Negeri 1 Pemali.

Pak Muhendy selaku pembina tim broadcast SMA Negeri 1 Manggar, SMONE4U Broadcast Team, memaparkan program-program mereka. Selain itu juga beliau berbagi informasi mengenai apa saja yang mereka gunakan untuk menjalankan secara aktif kegiatan broadcast mereka itu. Dalam suatu kalimatnya Pak Muhe, sapaan akrab beliau, menyebutkan untuk bisa membentuk tim yang kompak diperlukan cara-cara yang khususnya untuk merekrut anggota, tidak sembarangan, dan yang terpenting siswa/I yang tertarik dan mau aktif menjalankan program kerja itu.

Tidak hanya sampai di situ, Kepala SMA Negeri 1 Pemali, Ibu Eflina, juga mendapatkan kesempatan untuk mengisi kursi bintang tamu di program podcast mereka. Podcast ini dipandu oleh seorang siswi SMA Negeri 1 Manggar, Nadhirah, sebagai host. ​

Di akhir perbincangan mereka di podcast kali itu, Ibu Eflina mengungkapkan kekagumannya dengan sekolah itu juga siswa-siswinya kreatif yang tentunya telah berlatih untuk menyambut kunjungan dari SMA Negeri 1 Pemali. Beliau juga tidak lupa mengapresiasi kinerja tim broadcast SMA Negeri 1 Manggar yang telah mengundang beliau untuk menjadi bintang tamu dan menginspirasi banyak orang, terlebih SMA Negeri 1 Pemali untuk terus berkembang sesuai zaman dengan kegiatan yang positif tentunya.

Pada akhirnya, silaturahmi ini diharapkan menjadi awal baru yang baik bagi SMA Negeri 1 Pemali, SMA Negeri 1 Manggar, dan dalam cakupan yang lebih luas, seluruh sekolah di Kepulauan Bangka Belitung untuk menciptakan atmosfer yang membangun semangat dan jiwa kreatif anak bangsa dalam menumbuhkembangkan dunia literasi dan pendidikan di Bangka Belitung dan Indonesia. Salam Literasi.
(Tiur Rizki Sitinjak)