Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Sumbang Emas, UMJ Beri Apresiasi Mahasiswa Pemenang POMNAS 2022

Sumbang Emas, UMJ Beri Apresiasi Mahasiswa Pemenang POMNAS 2022

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berikan apresiasi kepada tiga mahasiswa berprestasi yang telah meraih emas di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional pada 18-25 November 2022 Sumatera Barat. Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Candra, SH., MH., didampingi oleh Wakil Dekan III FIP UMJ Azmi Al Bahij, M. Si., dan Ketua Program Studi Pendidikan Olahraga Dr. Doby Putro Parlindungan, M.Pd., menyambut Dita Nuralisa, Lidya de Vega dan Widya Rayi Fadhilah Lail di Ruang Lantai 3 Gedung Civilization Center untuk memberikan apresiasi (05/12).

Adapun apresiasi yang diberikan oleh UMJ kepada 3 mahasiswa tersebut berupa beasiswa dan uang saku. Selaras dengan itu Septa menjelaskan kebijakan rektor terkait mahasiswa berprestasi. “Pertama ada kebijakan beasiswa untuk ajang tingkat nasional, disamping itu ada juga pembinaan sebagai bentuk apresiasi dan rasa syukur UMJ atas peraihan yang telah ditoreh,” tutur Septa.

Pada kesempatan tersebut, Septa mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang diraih oleh 3 mahasiswa UMJ ini. “Hal seperti ini tidak merugikan masa studi, sebab UMJ akan terus memberikan dukungan jika ada mahasiswa yang turut andil dalam ajang nasional,” jelas Septa.

Doby, selaku Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi menyampaikan bahwa setelah sukses meraih kemenangan ini, mahasiswa akan dipersiapkan untuk ajang Internasional. “Sebab akan ada POM ASEAN, akan kami persiapkan 3 mahasiswa ini untuk andil dalam turnamen tersebut,” ungkap Doby.

Dita dan kawan-kawan menjadi bagian dari tim Bola Voli Provinsi DKI Jakarta, kemenangan diraih setelah mengikuti 7 kali pertandingan, pada sesi babak final tim DKI Jakarta mengalahkan Provinsi Jawa Tengah dengan skor akhir 3:2. Pertandingan final berlangsung di Gelanggang Olahraga Air Tawar Universitas Negeri Padang (25/11).

Dita mengaku sangat senang dan terharu sebab jumlah skor yang diraih pada babak final memiliki selisih tipis dengan tim lawan. “Pertandingan kali ini benar-benar berjuang sebab pada tahun sebelumnya DKI Jakarta meraih emas pada ajang ini, sebab mempertahankan lebih sulit dari pada mendapatkan,” tutur Dita saat diwawancarai.

Pomnas merupakan kegiatan rutin 2 tahun yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi/Balai Pengembangan Talenta Indonesia melalui organisasi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI), dimana pada tahun 2022 POMNAS XVII diselenggarakan di Provinsi Sumatera Barat mempertandingkan 14 cabang olahraga yang terdiri dari games/permainan, beladiri dan konsentrasi. (MN/KSU)