Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Lecture Mobility Dosen UNJA di UMRAH

Lecture Mobility Dosen UNJA di UMRAH

TANJUNG PINANG,- Universitas Jambi (UNJA) melalui Makmun Wahid, S.IP., M.A. Ketua Prodi IPEM Fakultas Hukum UNJA, Lisna, S.Pi., M.Si. Ketua Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Peternakan UNJA, dan Mochammad Farisi Dosen Fakultas Hukum dan Korpus HUMAS UNJA melaksanakan kunjungan Lecture Mobility Dosen ke Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Kegiatan dilaksanakan di Ruang Keris Lantai 2 Gedung Rektorat UMRAH, Senin (5/12/2022).

UMRAH sendiri diwakili oleh Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Ary Satya Dharma, M.Si, Tenaga Kependidikan Pranata HUMAS beserta Mahasiswa.

Dalam paparannya, Mochamad Farisi memaparkan strategi komunikasi, target publikasi, dan konten berita HUMAS UNJA.

“Dalam bidang HUMAS, saya membangun sinergi dengan sivitas akademika, dari pejabat rektorat sampai Prodi dan UKM,” ucapnya.

Farisi juga mengatakan bahwa UNJA menjalin hubungan baik dengan stakeholder terkait, seperti media massa baik lokal maupun nasional sehingga memberikan manfaat seperti exposure kegiatan UNJA semakin luas. Selain itu, untuk memperoleh konten-konten website yang melimpah dari semua segmen Kampus, tiap unit kerja hingga UKM diberikan pelatihan jurnalistik agar tiap kegiatan di UNJA ada konten beritanya.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama UMRAH, Ary Satia Dharma, M.Si. menyambut baik kunjungan UNJA dalam rangka silaturahmi dan sosialisasi diskusi di bidang Kehumasan.

“Strategi Kehumasan UNJA ini bagus sekali, karena dalam pemaparan mas Faris ini, UNJA berhasil membangun ekosistem media HUMAS yang menjangkau semua stakeholder, dan hal ini menginspirasi UMRAH untuk melakukan hal yang sama, yaitu membentuk ekosistem Media Humas UMRAH,” ujar Ary Satya Dharma.

Usai pemaparan oleh Farisi, pertemuan singkat tapi bermakna tersebut dilanjutkan dengan sesi diskusi. Terdapat 3 paparan diskusi yang disampaikan, Materi Tata Kelola Bumdes di Indonesia, Materi Dampak pengoperasian pukat Hela mini terhadap lingkungan di prodi MSP FIKP Umrah, dan Pengelolaan kehumasan dan jurnalistik dengan tim HUMAS dan protokol serta BEM dan UKM UMRAH.

Dalam sesi diskusi, tim Multimedia dan Website UPT PTIK UMRAH, Adi Pranadipa turut memaparkan dukungan yang diberikan oleh tim UPT PTIK UMRAH untuk mendukung layanan digital melalui website UMRAH.

“Tim TIK UMRAH menyiapkan platform websitenya, tim HUMAS UMRAH yang mengisi kontennya, kemudian UMRAH aktif juga melakukan siaran langsung kegiatan di UMRAH melalui kanal Youtube UMRAH TV” Ujar Adi.

UMRAH dan UNJA sendiri memiliki hubungan yang sudah terjalin baik, karena Wakil Rektor IV UNJA saat ini, Prof. Rayandra pernah menjabat sebagai Wakil Rektor I UMRAH selama satu periode jabatan.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS