Minggu, 05 Februari 2023
Perguruan Tinggi

Mahasiswa KKN UAD Adakan Edukasi Fikih Jenazah

Mahasiswa KKN UAD Adakan Edukasi Fikih Jenazah

Mahasiswa KKN Alternatif ke-84 Unit VII.A.3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan edukasi fiqih jenazah di Kelurahan Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta (Foto: Farida)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif ke-84 Unit VII.A.3 menyelenggarakan edukasi fikih jenazah di RW 8, Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, pada Minggu, 04 Desember 2022.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian pengabdian masyarakat yang bekerja sama dengan Pengurus Masjid Baiturahim. Menurut Fachrin, selaku Ketua Unit VII.A.3 KKN Alternatif 84, ini merupakan bentuk edukasi bagi masyarakat tentang fikih jenazah. Mulai dari memandikan jenazah perempuan dan laki-laki, serta memandikan jenazah yang sakit atau kecelakaan, mengafani, menyalati, juga mengubur.

“Acara ini sebagai bentuk komitmen dakwah islamiyah melalui jalur pendidikan di perguruan tinggi. UAD memegang teguh wujud pengamalan keilmuan dengan memberikan pengetahuan. Seperti dijelaskan pada sebuah hadits ballighu anni walaw ayah yang artinya ‘sampaikan walau hanya satu ayat’,” jelas Fachrin.

Lebih lanjut, ia berharap kegiatan tersebut terus memiliki keberlanjutan, pesan yang diberikan tentu mengharapkan kesan. Sekalipun KKN telah selesai, kegiatan pembelajaran fikih jenazah dapat tetap dilaksanakan oleh masyarakat setempat.

Sementara itu, Agus selaku Pengurus Masjid Baiturrahim mengungkapkan rasa terima kasih kepada mahasiswa UAD. Menurutnya agenda itu dapat memberikan manfaat besar bagi warga sekitar. Dengan diadakannya edukasi seperti ini, diharapkan masyarakat menjadi lebih memahami cara memperlakukan jenazah yang sesuai dengan keadaan wafatnya dan sesuai dengan syariat Islam. (frd)

uad.ac.id