Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Forum Majelis Syura Dunia untuk Perdamaian

Forum Majelis Syura Dunia untuk Perdamaian

Forum Majelis Syura Dunia yang dirintis Indonesia hendaknya memusatkan perhatian kepada upaya menciptakan perdamaian dunia, kesejahteraan umat Islam dan keadilan di dunia internasional. Forum ini dapat menjadi sarana untuk negara-negara anggotanya menjaga perdamaian, meningkatkan kesejahteraan melalui kegiatan ekonomi sosial dan juga mendorong terciptanya keadilan internasional seperti menghilangkan penjajahan terhadap Palestina.

Demikian disampaikan Dr. Asep Setiawan sebagai satu dari tiga nara sumber Focus Group Discussion Tindak-lanjut dan Operasionalisasi Pembentukan Majelis Syura dan MPR Se-Dunia hari Selasa (6/12) di Gedung MPR, Jakarta. Penggagas forum ini Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid menyambut diskusi untuk merumuskan program dan pengembangan gagasan yang muncul dalam Deklarasi Bandung 24-26 Oktober 2022 yang didukung 15 negara.

Asep Setiawan yang juga Kaprodi Magister Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta menjelaskan bahwa perdamaian hendaknya menjadi fokus perhatian dari forum Majelis Syura Dunia. Perdamaian ini menjadi tantangan bagi para anggotanya saat ini di tengah dunia.

Selain misi perdamaian, Forum Majelis Syura Dunia  ini juga lebih mengarahkan kegiatannya dalam menciptakan kesejahteraan anggotanya. Salah satu caranya adalah dengan kerjasama antar anggota melalui kegiatan sosial, ekonomi, budaya dan pemberdayaan perempuan. Selain itu juga dapat dilakukan melalui kerjasama antar badan amil zakat serta berbagai usaha kecil menengah.

Selain dua aspek tadi, Forum Majelis Syura Dunia mengangkat isu ketidakadilan di dunia yang antara lain dengan upaya menghapuskan penjajahan di muka bumi dengan membebaskan Palestina dari penjajahan Israel. Isu ini penting di mata umat Islam karena Palestina telah sekian lama diduduki negara Israel. (AS/FISIP)