Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Unimed Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan UKin PPG Daljab Kategori II Tahun 2022

Unimed Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan UKin PPG Daljab Kategori II Tahun 2022

Dalam rangka menyamakan persepsi dalam penilaian dan pelaksanaan Uji Kinerja (UKin), Universitas Negeri Medan melaksanakan Rapat Koodinasi Persiapan Pelaksanaan Uji Kinerja (UKin) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Kategori II di Universitas Negeri Medan Tahun 2022, yang digelar pada 6 – 8 Desember 2022 di Radisson Hotel Medan.

Dalam laporannya, Dr. Fajar Apollo Sinaga, S.Si., M.Si. mengatakan peserta yang mengikuti UKin ini adalah mahasiswa PPG yang telah melalui proses pembelajaran mulai dari Pendalaman Materi, Pengembangan Perangkat, Lulus Ujian Komprehensif dan telah selesai melaksanakan PPL berjumlah 1152 orang dari 17 Prodi. Adapun rangkaian pelaksanaan UKin ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan antara lain : briefing bagi mahasiswa yang telah selesai dilaksanakan, selanjutnya dilakukan UKin Praktek Pembelajaran, mengisi portofolio dan unggah pembelajaran dan Penilaian UKin oleh penguji 16 Desember 2022. Setelah mengikuti UKin ini seluruh peserta juga nantinya akan mengikuti Uji Pengetahuan (UP) yang merupakan bagian akhir dari rangkaian tahapan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan.

Selanjutnya, Dr. Fajar Apollo Sinaga, S.Si., M.Si. menyampaikan laporan bahwa jumlah peserta yang terdaftar mengikuti Rapat Koodinasi Persiapan Pelaksanaan Uji Kinerja (UKIN) Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kategori II di Universitas Negeri Medan Tahun 2022. ini berjumlah 103 peserta, yang terdiri dari Unsur pimpinan di tingkat universitas, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Ketua Program Studi, Dosen Penguji Ukin, Guru Pamong, Admin Kelas dan Panitia PPG Unimed.

Mewakili Rektor dalam membuka acara, Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. (Wakil Rektor III) mengatakan Uji Kinerja merupakan salah satu bentuk uji kompetensi untuk menilai kemampuan peserta uji dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran (kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional). Uji Kinerja PPG dapat berbentuk uji praktik pembelajaran dan uji portofolio. Uji praktik pembelajaran meliputi uji persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Nantinya bapak ibu akan mengikuti paparan hasil MONEV dari Tim Penjaminan Mutu Unimed dan dilanjutkan dengan paparan sekaligus pendampingan dari Tim Narasumber tentang Teknis Penilaian UKIN sehingga Dosen dan Guru Pamong satu persepsi tentang penilaian UKIN. Kita harapkan agar Bapak Ibu memberikan penilaian yang profesional, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh peserta. Pengalaman yang sebelumnya tentunya dapat menjadi bahan masukan bagi Bapak Ibu dalam penilaian, semoga dapat menghasilkan guru-guru yang profesional dan berkualitas. (Humas Unimed/eo)