Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SEF 2022: SMASA Sabet Penghargaan Penyaji Tata Busana dan Rias Terbaik

SEF 2022: SMASA Sabet Penghargaan Penyaji Tata Busana dan Rias Terbaik

Sabtu (26/11) SMASA kembali raih prestasi gemilang. Melalui acara Situbondo Ethnic Festival (SEF) 2022 yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten Situbondo, tim SMASA berhasil meraih pencapaian pada salah satu kategori yang dilombakan. Tim yang beranggotakan 47 siswa siswi SMASA mulai kelas X sampai XII ini membawa pulang penghargaan kategori penyaji tata busana dan rias terbaik.

Ibu Lulu Libbriyana, S.Pd selaku pembina tim pawai SMASA, mengaku tidak menyangka atas prestasi yang telah diraih.

“Alhamdulillah kita berhasil meraih predikat penyaji tata busana dan rias terbaik. Meskipun masih banyak yang harus diperbaiki, Ibu merasa bangga dengan tim pawai SMASA,” tutur beliau saat dihubungi pada Senin (27/11) malam.

Bu Lulu menuturkan dengan waktu persiapan kurang lebih dua bulan, tidak mudah mengumpulkan 47 siswa siswi tersebut untuk belajar menari bersama-sama, “apalagi melatih penari laki-laki yang pada dasarnya memang bukan penari, jadi bisa dikatakan sedikit sulit. Tapi Alhamdulillah kita dapat memberikan penampilan maksimal.”

Kedepannya, Bu Lulu berharap agar siswa siswi SMASA bisa mencintai dan mempelajari kesenian Nusantara lebih dalam lagi.

“Sehingga nantinya saat terpilih pada acara seperti ini lagi, sudah ada rasa, sudah menyatu sehingga tidak kaku. Dengan begitu, akan lebih indah penampilannya,” pungkas beliau.

Diketahui, SEF sendiri merupakan perlombaan tari kolosal yang diikuti oleh peserta jenjang SMA dan Kecamatan tingkat Kabupaten Situbondo dengan jumlah peserta sebanyak 38. Selain itu, event ini juga dimeriahkan oleh penampilan khusus para penari dari berbagai daerah di Indonesia yang menampilkan tari khas daerah masing-masing, sebut saja Tari Enggang dari Kalimantan Timur, Tari Ondel-Ondel dari Jakarta, Tari Gambyong dari Jawa Tengah, Tari Gandrung dari Banyuwangi, Reog Ponorogo, dan masih banyak lagi. Peserta dan penampil khusus terlebih dahulu tampil didepan Pendopo Aryo Situbondo sebelum akhirnya pawai menuju Taman Makam Pahlawan.

___
Penulis: Azzahra Ainun | Editor: Pradita Tiara Sumarsono, S.Pd.