Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Akhiri Rangkaian Kegiatan 2022, Kemahasiswaan FKIP Adakan Seminar Nasional Guru Inspiratif

Akhiri Rangkaian Kegiatan 2022, Kemahasiswaan FKIP Adakan Seminar Nasional Guru Inspiratif

MENDALO,- Bidang Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA) mengakhiri rangkaian kegiatan tahun 2022 dengan menyelenggarakan “Seminar Nasional Menjadi Guru Inspiratif”, dilaksanakan pada Sabtu, 3 Desember 2022 bertempat di Masjid Jami’ Assalam UNJA. Mengangkat tema “Be a Good Looking and Good Speaking Teacher”, kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa semester 1 FKIP ini juga menjadi kuliah penutup PAI dan penutupan tutorial PAI FKIP semester ganjil 2022-2023.

Ketua Pelaksana kegiatan, Ulil Abror, yang merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab FKIP UNJA menyatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah dalam rangka memperkenalkan profesi guru ideal dalam perspektif Islam, maka Seminar ini juga menjadi kuliah penutup PAI dan Tutorial PAI FKIP semester ganjil 2022-2023 ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak Pimpinan Fakultas, khususnya Wadek 3 yang menyediakan ruang bagi terlaksananya kegiatan ini dan menunjuk kami sebagai panitia, sehingga terlaksananya kegiatan ini dengan baik. Pelaksanaannya memang di masjid, di samping karena ini meruapakan bagian PAI, juga mengingat ruangan seperti balairung dan Aula Rektorat yang bisa menampung banyak peserta full kegiatan,” ujarnya.

Kegiatan ini menampilkan 2 orang narasumber, yakni Dr. Hj. Fadhilah, M.Pd., Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sulthan Taha Saifuddin Jambi, dan Dr. K. A. Rahman, M.Pd.I, Ketua Umum Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam Seluruh Indonesia (ADPISI) Provinsi Jambi, yang juga merupakan Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP UNJA.

Islam sebagai agama yang sejuk, damai, dan rahmatan lil ‘alamin mengajarkan bagaimana guru tidak saja menjadi tauladan, digugu, dan ditiru, tetapi bagaimana bisa tampil menyenangkan dan menggembirakan dengan penampilan dan ucapan yang baik (Good Looking dan Good Speaking).

Sementara Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP UNJA, Dr. Supian Ramli, M.Ag., menyatakan bahwa FKIP UNJA berusaha untuk terus memberikan pembekalan bagi mahasiswa dan calon alumni ketika nanti terjun ke lapangan kehidupan yang amat luas, yang sebagian besar adalah calon guru.

“Seminar ini diharapkan dapat menambah wawasan mereka dalam persiapan menjadi calon-calon guru di masyarakat. Sesuai dengan temanya, maka menjadi guru yang inspiratif,” tuturnya.

Wadek 3 FKIP ini juga berterima kasih kepada para panitia, baik dosen maupun mahasiswa, dan peserta yang turut ambil bagian mensukseskan prorgam kemahasiswaan FKIP 2022 ini, ini adalah penutup rangkaian kegiatan kemahasiswaan FKIP tahun 2022 ini, kemudian beliau secara resmi membuka kegiatan ini.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS / *ist