Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Wisuda Hari Kedua, Rektor Optimis Lulusan Unpas Mampu Wujudkan Entrepreneurial University

Wisuda Hari Kedua, Rektor Optimis Lulusan Unpas Mampu Wujudkan Entrepreneurial University

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”57636″ img_size=”large” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_column_text]BANDUNG, unpas.ac.id – Prosesi Wisuda Universitas Pasundan Gelombang I TA 2022/2023 telah selesai digelar. 

Pada hari kedua, Rabu (7/12/2022), 603 wisudawan dari Fakultas Hukum (FH), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Fakultas Ilmu Seni dan Sastra (FISS) resmi dilantik oleh Rektor dan Dekan masing-masing fakultas.

Sama seperti hari pertama, wisuda dilaksanakan secara luring di Harris Hotel & Convention, Festival Citylink dan dihadiri dua orang pendamping.

Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU berpesan kepada wisudawan untuk bersungguh-sungguh dalam menghadapi perjalanan kariernya.

Wisudawati terbaik FH, FKIP, FISS. (Foto: Rico B)

“Wisuda bukanlah akhir, melainkan awal dari sebuah perjuangan menghadapi realita hidup. Gelar doktor, magister, dan sarjana tidak ada maknanya jika tidak diamalkan untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara,” tuturnya.

Rektor menambahkan, wisudawan diharapkan mampu berkontribusi mewujudkan visi Unpas sebagai perguruan tinggi yang mendapat rekognisi internasional berbasis entrepreneur dan teknologi di tahun 2037.

Unpas telah membekali wisudawan dengan kurikulum kewirausahaan yang berlaku di semua prodi dan mendatangkan praktisi untuk memberikan pengarahan.

Unpas juga terus meningkatkan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), sehingga alumni Unpas punya peluang besar untuk langsung berkarier setelah lulus.

“Pembekalan ini mesti relevan untuk 4 tahun ke depan. Kami optimis, visi entrepreneurial university bisa terealisasi pada 2037,” paparnya.

Peserta wisuda hari kedua Unpas. (Foto: Rico B)

Untuk memperkuatnya, pekan depan Unpas akan menggelar kegiatan best practice bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Pusat dan Jawa Barat, serta guru besar dari Universitas Amikom Yogyakarta dalam rangka menghadapi universitas generasi ke-4.

“Lulusan Unpas harus memiliki spirit untuk membangun pemikiran dan tindakan yang inovatif, karena fenomena mulai berubah. Dunia kini beralih ke innovation driven, sehingga butuh lebih banyak inovator andal dan mudah-mudahan alumni Unpas bisa mewujudkannya,” harapnya.

Kesan Pesan Wisudawan

Salah satu wisudawan FH Cecep Salman Farizi berharap, Unpas senantiasa memperbarui kurikulum sesuai perkembangan zaman. Sarana dan prasarana pendukung kegiatan pembelajaran juga dapat ditingkatkan.

“Untuk teman-teman yang masih menyusun skripsi, menunggu sidang, dan yang hari ini dilantik, semoga diberi kelancaran dalam setiap prosesnya,” katanya.

Wisuda hari kedua Unpas. (Foto: Rico B)

Wisudawati FISS Fenira Agnesvy juga sangat senang karena wisuda Unpas kembali dilaksanakan secara luring dan boleh dihadiri orang tua. 

“Maju terus Unpas, mudah-mudahan makin berkembang dan seluruh prodi bisa segera terakreditasi A atau unggul. Saya bangga menjadi bagian keluarga besar Unpas,” pungkasnya. (Reta)**[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]