Selasa, 23 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Gema Pemilu, Gunakan Hakmu untuk Bersuara

SMA Negeri 1 Pandaan mengadakan Pemilu (Pemilihan Umum) ketua OSIS dan ketua MPK periode 2022/2023. Pemilu diadakan sebagai bentuk praktik demokrasi dalam lingkungan sekolah. Adapun beberapa rangkaian kegiatan dari acara ini, yakni pemaparan visi misi dari setiap kandidat, debat terbuka, kemudian pemungutan suara ketua OSIS dan ketua MPK, dan pengumuman kandidat yang terpilih. Kegiatan ini berlangsung pada senin-kamis (21-24/11/22) yang dilaksanakan di area taman tengah dan aula bawah SMA Negeri 1 Pandaan.

           Kegiatan tahunan ini diikuti oleh seluruh warga SMANDA. Para guru dan staf TU (Tata Usaha) juga diberikan kesempatan untuk menggunakan hak suaranya. Semenjak pandemi, pemungutan suara dilaksanakan melalui sistem e-voting dengan website yang telah disediakan di komputer oleh panitia. Namun, tahun ini voting dilaksanakan menggunakan ponsel pribadi warga SMANDA. Hal ini merupakan cara yang efektif dengan adaptasi penggunaan teknologi yang ada. Setelah pemungutan suara, warga melakukan cap jari dan sesi foto bersama.

           Pada Kamis (24/11/22), kandidat yang terpilih diumumkan di akun instagram OSIS-PK SMANDA. Kandidat yang terpilih ialah Rafli Al Akbar Ridhoi sebagai Ketua OSIS dan Dwita Hassya Kirani sebagai Ketua MPK.

           “Saya harap untuk warga Smanda bisa memberikan kepercayaan, serta bisa membangun hubungan yang baik dengan OSIS-PK, Dan dengan adanya kepemimpinan yang baru diharapkan dapat membawa pengaruh yang lebih baik, baik dalam internal OSIS-PK maupun bagi warga Smanda dengan adanya program-program kerja yang inovatif dan kreatif  didukung dengan adanya dukungan warga SMA Negeri 1 Pandaan melalui aspirasi yang disalurkan,” ujar salah satu kandidat OSIS-PK.

 Reporter : Lintang Putri Ramadhani dan Nayla Elisya Zahra.