Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Bulbafest Heroes Day

Tepat pada hari Kamis (10/11/2022) SMA Negeri 1 Pandaan mengadakan serangkaian acara yang berjudul Bulbafest Heroes Day (Bulan Bahasa Festival Heroes Day) dengan tema “Pancarkan Semangat Kemerdekaan untuk Masa Depan yang Gemilang” dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan.

Kegiatan diawali pada pukul 07.00 WIB dengan upacara dan sambutan dari Bapak Kepala Sekolah Drs. Ariadi Nur Awalukianto M.Pd. Kali ini terlihat para guru menghadiri upacara dengan mengenakan pakaian yang berbeda dari biasanya, dalam rangka Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan ini para guru mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah diselenggarakannya upacara Hari Pahlawan, beberapa murid beralih ke ruang koordinasi atas untuk mengikuti Writing Workshop sementara murid dan guru yang tersisa beralih ke taman tengah untuk menyaksikan penampilan dari talent serta mengikuti lomba yang diperuntukkan kepada guru.

Para murid ikut serta dalam pelaksanaan Bulbafest Heroes Day dengan mengikuti lomba Bazar Nusantara. Bazar Nusantara ini mengambil tema “Cintai Budaya Indonesia Melalui Kuliner Nusantara” yang memperkenankan siswa-siswi SMA Negeri 1 Pandaan menyediakan menu dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Jawa, dan Bali dengan tujuan menambah pengetahuan mengenai budaya kuliner Indonesia serta mengeksplor budaya itu sendiri melalui makanan.

Setelah terkumpulnya para murid yang mengikuti Writing Workshop, kegiatan dimulai dengan sambutan oleh Bapak Drs. Wanta Jati Nugraha yang diikuti dengan pemaparan materi kepenulisan. Tujuan diadakannya Writing Workshop adalah untuk mencari bibit-bibit unggul dari penerus penulis yang berada di SMA Negeri 1 Pandaan. Selepas itu dilanjut dengan coaching cara menulis dari Ibu Mariana Nur Idayanti S.S, beliau mengatakan bahwa menulis itu sebenarnya kita melakukan sesuatu untuk keabadian agar kita bisa dikenang nantinya.

            Selain itu, Ibu Puspita Dwi Fitriani S.Pd. berpendapat mengenai referensi penulisan yang akan dituang menjadi suatu tulisan, “Lebih bagus dari banyak objek, bisa dari orang lain jadi kan contohnya bisa dari teman terus kan dari orang-orang yang saya temui. Terus dari pengalaman sendiri juga bisa, tapi yang paling enak itu dari orang lain soalnya itu juga nambah ilmu.” Penutupan Writing Workshop diikuti dengan pelatihan kepenulisan dimana para murid diberi kesempatan untuk menulis dari suatu tema yang telah disiapkan.

Sementara itu, dua lomba telah dilaksanakan di taman tengah SMA Negeri 1 Pandaan yaitu lomba jula-juli yang diikuti oleh perwakilan guru setiap mata pelajaran dan dimenangkan oleh Pak Bashori (Juara 1), Bu Santi (Juara 2), dan Bu Annisa (Juara 3). Selain itu ada lomba best dresscode berdasarkan pakaian daerah tradisional yang dimenangkan oleh Pak Wawan (Juara 1), Maam Riris (Juara 2), dan Bu Donna (Juara 3).

Berbagai penampilan dari talent juga tidak kalah menarik, terdapat beberapa murid SMA Negeri 1 Pandaan yang menampilkan bakat mereka di taman tengah yaitu oleh Makayla (X-K), Azka (X-I), Ageng (XII-MIA 1), Bella (XII-IBB 1) yang menampilkan bakat menyanyi, kemudian musikalisasi puisi oleh Shasa (X-J) dan Araya (X-I) serta yang terakhir adalah Farisya (X-J) dan (Hanun X-B) dengan penampilan Story Telling. Selain itu terdapat juga penampilan band oleh para guru.


Reporter: Bunga Sassi P.