Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Unjuk Kreatifitas Sebagai Pelajar Pancasila Dalam Pameran Project

Pameran project adalah tahapan akhir dari rangkaian sesi pekerjaan project profil pelajar Pancasila. Kegiatan pameran project diadakan di SMA Negeri 1 Pandaan pada hari Jumat (11/11/2022) tepatnya berada di area Smanda 2, yakni bagian ruang kelas 10. Kegiatan dimulai pukul 07.45–selesai. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga sekolah, terutama siswa-siswi kelas 10 sebagai partisipan. Tujuan diadakan kegiatan pameran project di lingkungan sekolah yaitu untuk menunjukkan ide kreatif ke siswa lain.

Project profil pelajar Pancasila ini dalam 1 tahun dibagi menjadi 3 sesi artinya dalam 1 sesi ada 3 tema yang diangkat dan diakhir setiap sesi sebaiknya diadakan pameran project. Dalam pameran project ditampilkan produk-produk yang sudah dibuat selama kurang lebih 4 bulan hasil pengerjaan project. Dalam pameran project diharapkan siswa-siswi lainnya bisa melihat kemudian menemukan ide baru dari pameran project ini.

Setiap kelas dalam pengerjaan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tujuan akan memunculkan ide-ide baru yang lebih beragam. Jika 1 kelas hanya 1 kelompok besar maka hanya muncul 1 tema saja. Ada beberapa kelas yang dibagi menjadi 4 kelompok saja dengan terdiri dari 9 orang namun ada juga kelas yang dibagi menjadi 6 kelompok dengan terdiri 6 anggota agar lebih efektif.

Di tahun pertama ini tema yang diangkat antara lain potensi lokal, kebhinekaan, dan gaya hidup berkelanjutan. Inti sebenarnya dari pameran ini untuk menunjukkan ide kreatif masing-masing kelompok. Masalah nanti akan bernilai ekonomis seperti produk akan dijual atau tidak itu keputusan masing-masing kelompok dan pembimbingnya.

Pameran project ini bisa dilanjut ke pameran sesi ke 2 dan 3 atau langsung ke pameran akhir tahun. Manfaat yang bisa didapat kelas 10 sebagai partisipan project antara lain pengalaman, memunculkan berbagai ide, mewujudkan ide, hingga menjadikan ide itu untuk bermanfaat.

            ” Sebagai pendamping harapan saya mungkin lebih baik dari ini, karena ini memang pertama dan masih meraba-raba ide yg tepat, jadi untuk kedepannya mungkin harus menata lagi ide yg berkaitan dengan tema, risiko, dan kemampuan siswa untuk mewujudkan ide-ide perlu diperbaiki lagi,” ucap Bu Meisa Nisrina, S.Pd. selaku salah satu pembimbing.


Reporter: Wafi Luthfika M.