Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Unisba Jalin Kerja Sama dengan Ombudsman RI

Unisba Jalin Kerja Sama dengan Ombudsman RI

Komhumas – Universitas Islam Bandung menjalin kerja sama dengan Ombudsman Republik Indonesia (RI). Penandatanganan MoU ini dilakukan Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba), Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H., dengan Ketua Ombudsman RI M. Najih, S.H., M.Hum., Ph.D di Ruang Auditorium Unisba, Rabu (7/12). Dalam MoU ini disebutkan kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerja sama dan berkolaborasi dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan Tridharma Perguruan Tinggi.

Rektor mengatakan, dalam mendukung program MBKM yang dicanangkan pemerintah, Unisba perlu melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Beliau berharap, jalinan silaturahmi yang dilakukan Unisba dengan Ombudsman RI bisa memberikan pencerahan dan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri.

“Paling tidak, di samping kuliah umum Ombusdman bisa menghadirkan tenaga ahli untuk mendidik mahaiswa kami. Selain itu, kerja sama ini diharapkan bisa membuka jalan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan magang bersertifikat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ombusdsman RI, Najih mengatakan, pertemuan ini merupakan bentuk kesyukuran baginya. Sebagai lembaga yang diberikan kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan publik. Ombudsman memerlukan dukungan dari dunia akademik.

“Kerja sama dengan PT diharapkan bisa meluaskan jejaring untuk berkolaborasi dalam rangka melaksanakan agenda-agenda pengawasan dalam pelayanan publik karena SDM kami terbatas. Kami memerlukan tenaga ahli dalam menyelesaikan laporan masyarakat atau isu-isu tertentu. Misalnya dosen hukum yang paham tentang pertanahan atau hukum adminitrasi pemerintah,” ujarnya.

Selain melakukan penandatangana  nota kesepahamanan, Unisba menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Sinergitas Ombudsman RI dan Perguruan Tinggi dalam Membangun Penegakan Hukum yang Berkeadilan”. Dalam kuliah umum tersebut hadir tiga berbicara yakni Ketua Ombudsman RI, Najih, S.H., M.Hum., Ph.D, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba, Prof. Atie Rachmiatie, Dra., M.Si., dan dan Wicaksana Dramanda, S.H., M.H., Dosen Fakultas Hukum Unisba Wicaksana Dramanda, S.H., M.H.