Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Digitalisasi, SMKN 2 Kalianda Sosialisasikan PMM dan eRapor

Digitalisasi, SMKN 2 Kalianda Sosialisasikan PMM dan eRapor

Kalianda, 08/12/2022 – Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum terbaru yang dikeluarkan oleh Kemendikbud bagi satuan pendidikan. Mengingat Kurikulum Merdeka masih merupakan hal yang baru, masih perlu adanya pembiasaan bagi sekolah-sekolah yang menerapkannya, termasuk SMKN 2 Kalianda.

Di antara program baru yang diluncurkan oleh pemerintah dalam menyambut Kurikulum Merdeka ini adalah platform merdeka mengajar (PMM). Platform merdeka mengajar merupakan sebuah platform (aplikasi-red) yang bertujuan mempermudah guru dalam belajar, mengajar, dan berkarya.

Menghadapi tuntutan ini, SMKN 2 Kalianda mengadakan sosialisasi bagi dewan guru yang mengajar di kelas X yang telah menggunakan kurikulum merdeka belajar pada Kamis, 8 Desember 2022 di aula SMKN 2 Kalianda.

Dalam sosialiasi ini, menghadirkan ibu Ana Triana Maiyah, S.Pd. M.Si selaku duta PMM berbagi.

Ana menyatakan bahwa platform merdeka mengajar ini memiliki beberapa fitur yang dapat membantu guru dalam proses pengajaran. Diantaranya

  1. Video Inspirasi
  2. Pelatihan Mandiri
  3. Bukti Karya Saya
  4. Asesmen Murid, dan
  5. Perangkat Ajar

Lebih lanjut, beliau mengajak agar lebih semangat mengakses platform merdeka mengajar.

“Bapak dan ibu di sini kan sudah punya komunitas praktisi, maka tinggal keaktifan bapak dan ibu di platform merdeka mengajar. Jadi ini kesempatan emas bagi bapak dan ibu. Karena ini (pmm-red) masih baru sehingga boleh jadi nanti bapak dan ibu juga bisa menjadi kontributor di platform tersebut” ucap beliau.

Sebagai informasi, platform merdeka mengajar merupakan jembatan bagi guru dalam menyambut digitalisasi. Melalui platform ini, guru dapat mencari bahan ajar dan media pendukung lainnya baik cetak maupun elektronik. Tak hanya mendapatkan bahan ajar, melalui platform ini, guru juga dapat berbagi hasil karyanya dengan guru-guru lain di seluruh Indonesia.

Berdasarkan data sebelumnya, jumlah keaktifan dari dewan guru SMKN 2 Kalianda termasuk masih rendah dalam pemanfaatan platform merdeka mengajar, oleh sebab itu, dengan adanya sosialisasi ini pihak sekolah berharap agar tingkat keaktifan guru semakin meningkat. Setelah sosialiasi tentang PMM berakhir, para peserta melanjutkan dengan kegiatan sosialisasi eRapor oleh operator dapodik sekolah.

Harapan sekolah, dengan rangkaian kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan keaktifan guru dalam menyambut era digitalisasi pada kurikulum merdeka.

(Editorial Humas SMKN2KLD : Dr. Feriyansyah, M.Pd)