Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, Unpad PTN Terbaik Ketiga Kategori Informatif

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, Unpad PTN Terbaik Ketiga Kategori Informatif
anugerah keterbukaan informasi publik
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menerima ucapan selamat dari Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin dalam acara pengumuman Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 dari Komisi Informasi (KI) Pusat RI secara virtual, Selasa (26/10/2021). Tahun ini, Unpad kembali menduduki peringkat ketiga PTN kategori Informatif.

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran kembali masuk sebagai PTN kategori “Informatif” pada acara pengumuman Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 dari Komisi Informasi (KI) Pusat RI secara virtual, Selasa (26/10/2021). Tahun ini, Unpad kembali menduduki peringkat ketiga.

Kendati menduduki peringkat yang sama dengan tahun lalu, Unpad mengalami peningkatan nilai dari semula 94,03 menjadi 98,14. Tahun ini peringkat pertama dan kedua PTN Informatif Anugerah Keterbukaan Informasi Publik masing-masing diraih oleh Universitas Airlangga dan Universitas Negeri Padang.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, perolehan prestasi ini menandakan bahwa Unpad sebagai PTN Badan Hukum telah menjalankan salah satu amanatnya, yaitu menjadi milik masyarakat umum dengan semakin terbuka memberikan informasi kepada publik.

“Kalau skornya naik artinya upaya Unpad untuk menjadi akuntabel dan transparan bisa tercapai,” kata Rektor kepada Kanal Media Unpad.

Rektor mengatakan, dalam melakukan tugas-tugas kelembagaan, Unpad senantiasa menerapkan prinsip transparan dan akuntabel dengan tetap menerima respons dan masukan dari para pemangku kepentingan.

Informasi yang ada kemudian diolah melalui peran komunikasi publik, sehingga mampu diakses masyarakat luas. Selain itu, berbagai informasi dari luar mampu diolah dan dilayani dengan baik oleh seluruh pemangku kepentingan.

“Ini menunjukkan bahwa kita dalam mengelola informasi ini sudah semakin baik. Ini prestasi bagi kita semua,” kata Rektor.

Ketua KI Pusat Gede Narayana mengatakan, tahun ini sebanyak 337 Badan Publik dilakukan monitoring dan evaluasi oleh KI Pusat. Dari jumlah tersebut, 83 Badan Publik di antaranya masuk kepada kelas informatif. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 60 Badan Publik.

“Secara garis besar, keterbukaan informasi publik di Indonesia mengarah ke arah perbaikan pengelolaan dan pelayanan informasi publik sebagaimana diamanatkan UU 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik,” kata Gede.

Acara pengumuman Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 juga dihadiri langsung Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Adapun 10 besar peringkat PTN kategori informatif secara keseluruhan adalah sebagai berikut:

1. Universitas Airlangga (99.10);

2. Universitas Negeri Padang (98.21)

3. Universitas Padjadjaran (98.14)

4. Universitas Gadjah Mada (97.86)

5. Universitas Indonesia (97.44)

6. Institut Pertanian Bogor (96.84)

7. Institut Teknologi Bandung (96.10)

8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (95.68)

9. Universitas Negeri Malang (94.09)

10. UIN Walisongo (93.76).*