Selasa, 23 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Peringatan 17 Agustus

Peringatan 17 Agustus

Agustus, merupakan bulan yang membahagiakan oleh bangsa dan negara Indonesia. Di bulan ini, Indonesia lahir sebagai negara yang merdeka. Dengan kata lain, bulan Agustus adalah bulan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di seluruh penjuru negeri ini, pastinya melakukan suatu hal untuk memeriahkan peringatan 17 Agustus ini, sama halnya yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 1 Karangploso. Di SMP Negeri 1 Karangploso untuk memeriahkan peringatan ini dilaksanakan rangkaian kegiatan yang di laksanakan sejak tanggal 15 Agustus 2022. Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu perlombaan, upacara peringatan HUT RI ke-77, dan diitutup dengan acara puncak di hari Sabtu.

Kegiatan awal sebagai pembuka rangkaian acara yaitu perlombaan-perlombaan. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangploso dimeriahkan oleh warga sekolah.  Perlombaan diawali pada Senin, 15 Agustus 2022 dengan jenis perlombaan yaitu: balap karung, nyunggi tempeh, story telling, dan menyanyi solo dengan masing-masing perlombaan harus mengirimkan 1 peserta dari setiap kelas. Di hari kedua (Selasa, 16 Agustus 2022) jenis perlombaan yang dilaksanakan yaitu baca puisi, kreasi senam profil pelajar pancasila, desain motif batik, dan lomba futsal.

Gambar salah satu peserta Lomba Baca Puisi
Gambar Pelaksanaa Lomba Kreasi Senam
Gambar Proses Pelaksanaan Lomba Desain Motif Batik
Gambar Pelaksanaan Lomba Futsal

Pada hari Rabu tepatnya 17 Agustus 2022, di SMP Negeri 1 Karangploso telah terlaksana upacara peringatan HUT Republik Indonesia ke 77 secara internal di lapangan SMP Negeri 1 Karangploso. Upacara ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Karangploso. Pelaksanaan upacara terasa sangat khidmat, dan menjadi dalah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME atas segala karunia-Nya.

Gambar Proses Pengibaran Bendera Merah Putih

Setelah pelaksanaan upacara, rangkaian peringatan HUT Republik Indonesia dilanjutkan di hari Kamis, 18 Agustus 2022. Di hari tersebut perlombaan yang dilaksanakan yaitu ranking 1, outbond kapal pecah, outbond kemudi ular, dan outbond sendok go. Dilanjutkan di hari Jumat, 19 Agustus dengan perlombaan tarik tambang dan kebersihan kelas. Pelaksanaan lomba di SMP Negeri 1 Karangploso berlangsung dengan sangat meriah dan melibatkan seluruh peserta didik maupun gurunya.

Gambar Pelaksanaan Rangking 1
Gambar Pelaksanaan Outbond Kapal Pecah
Gambar Pelaksanaan Outbound Sendok Go
Gambar Pelaksanaan Outbond Komedi Ular

Sebagai puncak acara, peringatan HUT Republik Indonesia ke 77 ditutup dengan serangkaian kegiatan di hari Sabtu, 20 Agustus 2022. Diawali dengan kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh seluruh warga sekolah, dengan menempuh jarak kurang lebih 3 hingga 4 km. Setelah jalan sehat usai dan sampai kembali ke sekolah, terdapat bazar makanan maupun minuman yang berasal dari semua kelas 7, 8, 9. Disini mereka berjualan berbagai macam makanan maupun minuman, sehingga  dapat menghilangkan lapar serta dahaga para peserta jalan sehat. Setelah itu, acara diakhiri dengan grandfinal yang menampilan kandidat juara 1, 2, dan 3 dari lomba story telling, baca puisi, menyanyi solo, dan senam. Penampilan grand finalis tersebut diselingi oleh pengundian hadiah hiburan jalan sehat dan pengumuman dari berbagai perlombaan yang telah dilaksanakan.

Gambar Pembukaan Pelaksanaan Jalan Sehat

Pada peringatan HUT Republik Indonesia ke 77, SMP Negeri 1 Karangploso menyediakan berbagai jenis doorprize yang menarik untuk peserta jalan sehat. Doorprize yang tersedia diantaranya alat tulis, tumbler, tempat makan, tas, hingga sepatu sekolah, dan jaket, serta dooprize menarik lainnya. Untuk hadiah  utama pada jalan sehat kali ini, SMP Negeri 1 Karangploso menyediakan smartphone yang tentunya sangat berguna untuk peserta didik.

Gambar Khidmatnya Siswa/i Mengikuti Penutupan Rangkaian 17 Agustus 2022

Itulah keseruan dan kemeriahan rangkaian kegiatan peringatan HUT Republik Indonesia ke 77 di SMP Negeri 1 Karangploso. Semoga keseruan dan kemeriahan ini tetap terjadi pada peringatan HUT Republik Indonesia pada tahun-tahun selanjutnya, Aamiin. Sampai jumpa di keseruan peringatan HUT Republik Indonesia ke 78 tahun 2023.