Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Pengukuran Kepuasan Pengguna Lulusan

Pengukuran Kepuasan Pengguna Lulusan

Program Pengabdian Pada Masyarakat 2022 dengan tema Pengukuran Kepuasan Pengguna Lulusan telah dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada para pengguna lulusan Polman Bandung. Para responden adalah User atau HRD yang memiliki pegawai lulusan Polman dalam 3 tahun terakhir (2019, 2020, atau 2021). Selain itu, dilakukan pula kunjungan ke beberapa perusahaan yang memiliki lulusan tersebut, diantaranya PT Ibara Lioho Indonesia (26 Oktober 2022) dan PT. NSK Bearings Manufacturing Indonesia (24 November 2022).

 

Setelah data ditelaah, dilakukanlah Forum Group Discussion di Polman Bandung pada tanggal 13 Desember 2022 dengan para Kepala Program Studi, Pusat Pengembangan Akademik dan Penjaminan Mutu (PPAPM), dan BAA untuk membahas hasil yang didapatkan. Diantaranya bahwa aspek kepemimpinan mahasiwa perlu untuk lebih dilatih dan ditingkatkan. Sedangkan kompetensi lulusan yang dirasa paling tinggi oleh pengguna lulusan adalah kemampuan mengoperasikan dan merawat mesin perkakas dengan mempertimbangkan faktor keselamatan dan kesehatan kerja. Diharapkan kegiatan ini akan memberi manfaat bagi perbaikan untuk meningkatkan kualitas lulusan yang nantinya akan berdampak positif bagi masyarakat pengguna lulusan Polman Bandung.

Sumber: Tim PPM Pengukuran Kepuasan Pengguna Lulusan 2022