Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Menggelora! Jiwa Muda Arya Sinulingga yang Tak Pernah Padam Bersama SMANSALI

Menggelora! Jiwa Muda Arya Sinulingga yang Tak Pernah Padam Bersama SMANSALI

   

Menggelora! Jiwa Muda Arya Sinulingga yang Tak Pernah Padam Bersama SMANSALI

Istimewa! Pertengahan bulan akhir tahun kali ini benar-benar istimewa bagi SMA Negeri 1 Pemali. Menjadi satu-satunya SMA yang ada di Prov. Kep. Bangka Belitung yang dikunjungi oleh Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, dalam acara Gen Z Talent Activation .

Dengan mengusung tema Membangun Generasi Digital Bebas Stunting, pada Jumat, 16 Desember 2022 di lapangan basket SMA Negeri 1 Pemali, yang menjadi panggung utama acara Gen Z Talent Activation ini terselenggarakan. PT Timah Tbk, Telkomsel, Kimiafarma, Biofarma, dan Phapros merupakan pihak-pihak yang mendukung acara ini.

Sejak pagi acara ini dimulai sudah aktif dengan berbagai kegiatan, diawali dengan penampilan bakat dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Pemali dalam sesi acara Got Talent SMANSALI . Kemudian ada lagi edukasi-edukasi yang dibagikan oleh pihak-pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini, seperti edukasi tentang pentingnya minum obat tablet tambah darah juga edukasi tentang pendidikan dan pembangunan berkelanjutan.

Inspiring Talk oleh Arya sendiri berlangsung di siang menuju sore harinya. Sesampainya di SMA Negeri 1 Pemali Arya disambut langsung oleh siswa-siswi juga guru-guru SMA Negeri 1 Pemali. Siswi-siswi tari juga sudah siap dalam posisi mereka untuk menyambut Stafsus III Menteri BUMN ini dengan budaya khas masyarakat Bangka Belitung, yakni Tari Sambut. Tak hanya itu, ada juga penampilan Tari Kolosal dari siswa-siswi sekolah tercinta ini.

Inspiring Talk ini diawali dengan sambutan oleh Kepala SMA Negeri 1 Pemali, Eflina M.Pd, yang tak lupa menyertakan pantun dalam kata sambutannya. Ini pulalah yang membuat Arya terdorong untuk juga berpantun sejenak dalam membuka acara utama Inspiring Talk ini.

Arya menyebutkan kalau Erick Thohir memberi amanah kepadanya untuk mengunjungi sekolah-sekolah. Dalam narasinya, Arya memberikan motivasi-motivasi tentang bagaimana pentingnya bersekolah. Selain itu, dorongan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga dibubuhkan beliau. Murid laki-laki yang awalnya menyumbang suara terbanyak dari kursi mereka seketika memperhatikan beliau yang sedang berbicara. Mereka juga begitu antusias bertanya ketika Arya membuka sesi QnA. Bagaimana cara mengatur waktu antara bermain dan belajar, bagaimana metode belajar ala beliau, bagaimana cara bisa masuk BUMN, bagaimana cara berelasi dengan petinggi-petinggi menjadi topik-topik yang kebanyakan ditanyakan oleh siswa-siswi.

“Jangan pernah berhenti bergerak, kuncinya itu. Jangan pernah berhenti bergerak. Tolong semangat belajar, semangat sekokah. Kita bisa sukses kalau kita sekolah.” Ujar beliau dengan penuh jiwa muda semangatnya.

Kegiatan Inspiring Talk oleh Arya ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara SMA Negeri 1 Pemali dengan Telkomsel. Juga ada pemberian bantuan dari pihak-pihak yang mensponsori kegiatan ini, seperti Phapros dan PT Timah Tbk. Lebih menariknya lagi, Erick Thohir melalui Arya memberikan kejutan dua bola yang ditandatangani oleh Erick kepada SMA Negeri 1 Pemali.

SMA Negeri 1 Pemali pun tak lupa memberikan cinderamata untuk Arya berupa lukisan karikatur wajah beliau. Gading Nugraha, siswa SMA Negeri 1 Pemali yang menjadi pelukis karikatur tersebut diberi beasiswa sebesar 5 juta rupiah oleh Arya.

Acara Inspiring Talk ini diakhiri dengan prosesi minum tablet tambah darah yang diwakili oleh 10 siswi SMA Negeri 1 Pemali.

(Tiur Rizki Sitinjak & Novia Pastiani)