Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTsN 2 Boyolali Gelar Pemilihan Ketua Dan Wakil OSIM Masa Bakti 2022/2023

Boyolali – Senin (19/12/2022) MTs Negeri 2 Boyolali menyelenggarakan ritual tahunan Pemilihan Ketua dan wakil ketua OSIM. Serangkaian alur Pemilihan Ketua OSIM Tahun Pelajaran 2022/2023 sudah diagendakan sejak satu bulan yang lalu, membuat timeline kegiatan, dimulai dari seleksi calon sampai dengan menyampaian visi-misi, kegiatan tersebut mendapatkan respon antusias dari para siswa.

Puncaknya pemilihan Ketua OSIM secara langsung terlaksana dengan sangat meriah di teras ruang kelas MTsN 2 Boyolali dan dilaksanakan layaknya Pemilu atau Pilkada secara umum. Pemilihan Ketua OSIM diikuti oleh seluruh siswa sebanyak 778 peserta didik serta 55 tenaga pendidik dan kependidikan.

Kegiatan Pemilu OSIM di MTsN 2 Boyolali ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran demokrasi, juga untuk memberikan pemahaman serta melatih mental peserta didik untuk berorganisasi sekaligus belajar tentang kepemimpinan, kedisiplinan dan kejujuran.

 

Sebelum pelaksanaan pemilihan, ada sambutan dan pembukaan acara Pemilu oleh kepala MTsN 2 Boyolali, Dalam sambutannya Nur Hasan mengharapkan dengan Pemilu peserta didik belajar berdemokrasi secara langsung dan kedepannya sebagai bekal yang berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. ”Madrasah  rutin setiap tahun  memberikan pendidikan bagaimana berdemokrasi kepada para peserta didik, dengan Harapan, nilai-nilai demokrasi ini yang bisa menjadi bekal untuk Masa depan mereka,” kata Nur Hasan di ruang kerjanya.

Kemudian Pemilih mencoblos salah satu dari tiga pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIM periode 2022-2023. Ketiga pasangan calon itu adalah:

Pasangan 1: Daffa Hilfata Firdaus dan Fatnur Aula M

Pasangan 2 : Hanung Anandita dan Alifah An`nafiu

Pasangan 3: Muh Ega Purwanto dan Keisy Fausta Sadina

Seluruh pasangan adalah siswa kelas 8 MTsN 2 Boyolali. Salah satu paslon dari mereka, jika terpilih akan melanjutkan estafet kepemimpinan OSIM sebelumnya dan menjalankan visi-misi-program yang mereka tawarkan saat masa kampanye. Sabtu (17/12/2022) pagi hari  telah dilakukan sosialisasi visi dan misi tiap pasangan calon (paslon) ketua dan wakil ketua OSIM. Kegiatan ini di langsungkan di Masjid MTsN 2 Boyolali setelah Sholat Dhuha bersama, di ikuti oleh seluruh unsur sekolah. Usai pemaparan visi misi tiap paslon, para pemilih di persilahkan untuk  bertanya atau mengeksplorasi jawaban kepada para paslon. “melalui tahap ini, Paslon diharapkan dapat dikenal secara langsung oleh para pemilih, juga pemilih dapat berinteraksi  langsung dengan para Paslon melalui tanya-jawab, mengeksplorasi visi-misi para paslon”, ujar Rais Ichwanudin selaku Waka  Kesiswaan saat di wawancarai. 

Hari ini menjadi hari bersejarah bagi MTsN 2 Boyolali. Di hari ini, segenap unsur di dalam madrasah akan memilih, mencoblos pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIM  Periode 2022-    2023.  Sejak pagi, Tiga bilik suara berikut kotak suaranya di siapkan di teras ruang kelas sampai teras koperasi. Tiga pasangan calon duduk berjejer di  kursi yang telah disiapkan dekat  dengan kotak suara. Panitia Pemilu mengatur  calon pemilih  yang datang per kelas secara bergantian. Mereka mengisi daftar hadir, agar tau jumlah pemilih. Setelah semua siswa memilih, giliran tenaga pendidik dan tenaga kependidikan memberikan suara mereka.  Usai mencoblos, semua pemilih  mencelupkan salah satu jari tangan mereka ke tinta, sebagai tanda telah memilih.

Pasca Pemilu, penghitungan jumlah kertas suara langsung dilakukan. Hasilnya, Jumlah suara terbanyak diraih oleh Paslon No. 2 yaitu Pasangan Hanung Anandita dan Alifah An`nafiu , suara kedua terbanyak di raih paslon No. 1 yaitu  Daffa Hilfata Firdaus dan Fatnur Aula M dan suara terbanyak ke tiga adalah Paslon No.3 yaitu Muh Ega Purwanto dan Keisy Fausta Sadina. Dengan demikian berdasarkan aturan maka Paslon No. 2 :  dan  dinyatakan sebagai pemenang dalam kontestasi pemilu Ketua dan Wakil Ketua OSIM MTsN 2 Boyolali Periode 2022-2023. (AA)