Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Wujudkan Peserta Didik Disiplin dan Solidaritas Tinggi melalui Pramuka Blok

Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 63 tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah, gerakan Pramuka Ambalan Sultan Hasanuddin-Emmy Saelan pangkalan SMA Negeri 1 Pringgarata menggelar kepramukaan model blok tahun 2022 yang bersifat wajib bagi seluruh peserta didik kelas 10, 11 dan 12.

Hal ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali sebagai pendidikan karakter peserta didik dalam kegiatan kepramukaan serta menjadi salah satu syarat kelulusan peserta didik SMAPTA.

Adapun dalam pembekalan materi untuk peserta, ekskul Pramuka mendatangkan tamu undangan dari luar yang berasal dari Komando Rayon Militer (KORAMIL) serta Badan SAR Nasional (BASARNAS). Para pemateri memaparkan materi terkait kedisiplinan, LKBB, dan teknik pertolongan dasar.

Sesuai dengan tema Pramuka blok tahun ini yakni “membangun kedisiplinan dan bersolidaritas tinggi melalui gerakan Pramuka”, Risma Gunawan S.Pd., selaku pembina mengharapkan peserta yang mengikuti kegiatan kepramukaan ini terutama kelas 10 mampu mengembangkan sikap disiplin.

“Semoga kelas 10 yang mengikuti kegiatan ini menjadi disiplin terutama baik didalam sekolah maupun diluar sekolah,” harapnya pada Minggu (18/12).

Disamping itu, Ketua Panitia Ahmad Ali Jazali, siswa kelas 11 itu merasa sangat bersyukur atas lancarnya acara tersebut.

“Alhamdulillah berjalan dengan lancar karena dapat dukungan dari berbagai pihak,” ucapnya (18/12).

Dalam kesempatan yang sama, Pelisia sebagai salah satu peserta dalam Pramuka Blok beranggapan hal  tersebut sangat bermanfaat.

“Pertama saya mendapatkan banyak teman dan mengenal lebih lingkungan sekitar, dan mendapatkan materi yang sangat bermanfaat,” ungkapnya (18/12).(el)

Penulis: Elga Liani

Editor: Pengelola Website