Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

SMP Negeri 20 Surakarta pada hari Senin, 19 Desember sampai Kamis, 22 Desember 2022 mengadakan kegiatan Wokshop Implementasi Kurikulum Merdeka. Pada kegiatan lokakarya kali ini, SMP Negeri 20 Surakarta

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru pada dunia pendidikan, menurut BSNP kurikulum ini mengacu pada pendekatan bakat dan minat siswa dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya. Kurikulum ini adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan memperkuat kompetensi.

Workshop IKM yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 20 Surakarta ini bertujuan untuk mempersiapkan para guru menghadapi kurikulum merdeka, dimana kurikulum ini akan dijadikan kurikulum nasional pada tahun ajaran baru mendatang.

Pada pelaksanaanya, workshop IKM ini menghadirkan 5 (lima) orang narasumber dari Lembaga Penyelenggaraan Diklat Arsitektur Keguruan Dan Ilmu Pendidkan Universitas Sebelas Maret, antara lain :

  1. Dian Rineta, ST, M.Si ( Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta )
  2. Abi Satoto, S.Pd, M.Pd ( Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Surakarta
  3. Novi Andari Yasminingsih, S.Pd, M.Si. ( Pengawas SMP N 20 Surakarta )

Workshop Pelaksanan IKM SMP Negeri 20 Surakarta pada hari pertama dibuka dengan penuh semangat oleh Kepala Sekolah yaitu bapak Liliek Sri Wahyuti, S.Pd, M.Pd. Pada pembukaan ini beliau mengatakan bahwa pelaksanan lokakarya ini diharapkan mampu memberi pengetahuan yang lebih terhadap bapak ibu guru dalam menghadapi kurikulum merdeka pada tahun ajaran baru mendatang, sehingga dalam pelaksanaanya nanti bisa mengoptimalkan pembelajaran kepada peserta didik menggunakan kurikulum baru.