Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Classmeeting Semester Ganjil 2022/2023

Classmeeting Semester Ganjil 2022/2023

Dalam rangka mengisi kegiatan akhir semester Ganjil, MTs Negeri 7 Jember menyelenggarakan kegiatan class meeting (9/12/22). Kegiatan ini bertujuan untuk mengisi waktu luang siswa setelah kegiatan PAS dan meningkatkan kemampuan siswa di bidang olahraga. Cabang perlombaan yang dilombakan pada kegiatan class meeting adalah Bulu tangkis, futsal, voli dan kasti. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa MTs Negeri 7 Jember kelas 7, 8 dan 9. Class meeting berlangsung selama 9 – 22 Desember 2022.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan di lapangan belakang MTs Negeri 7 Jember. Upacara dibuka oleh Kepala MTs Negeri 7 Jember Bapak Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. Beliau berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dan dapat menjalin silaturahmi antar kelas. Setelah upacara selesai, perlombaan diawali dengan bulu tangkis. Kegiatan bulu tangkis berlangsung pada tanggal 9, 10 dan 12 Desember 2022. Bulu tangkis dimenangkan oleh 8A. Kegiatan kasti yang dilakukan oleh siswa Putri. Kegiatan berlangsung pada tanggal 13, 14, dan 15 Desember 2022. Kasti dimenangkan oleh kelas 9C. Cabang lomba selanjutnya adalah Voli. Kegiatan Voki berlangsung pada tanggal 16, 17, dan 19 Desember 2022. Voli dimenangkan oleh kelas 9C sebagai juara 1, 8C juara 2, dan 7C juara 3. Perlombaan terakhir adalah futsal yang berlangsung tangggal 20, 21, dan 22 Desember 2022. Juara Futsal diambil tiap tingkatan kelas. Futsal dimenangkan oleh Kelas 7E sebagai juara 1, 8G sebagai juara 1, dan 9D sebagai juara 1.

Siswa mengikuti kegiatan class meeting dengan antusias. Namun ada beberapa kendala yang diungkapkan oleh Bapak Muhammad Fatkhis Suud, S.Pd.I., M.Pd.I. selaku waka kesiswaan. Beliau mengatakan
“Beberapa kendala pada kegiatan class meeting ini adalah faktor alam. Cuaca yang kebetulan curah hujan sangat tinggi, dan Madrasah masih belum mempunyai lapangan indoor, sehingga kondisi lapangan sangat becek. Tapi pada kenyaatannya mereka nyaman saja bermain meskipun dalam kondisi tanah berlumpur, semakin menambah keseruan dalam bertanding. Kendala yang kedua adalah siswa yang masih belum sepenuhnya ikut andil atau masih berada di kelas saat perlombaan berlangung”

Tentunya solusi dari kendala tersebut menurut Bapak Suud, solusi dari kendala kondisi lapangan beliau berharap akan ada gedung olahraga milik madrasah sehingga ketika cuaca hujan tidak menjadi halangan dalam berlomba. Solusi dari kendala siswa yang tidak ikut andil, maka memberikan pengertian kepada siswa agar mengikuti kegiatan minimal dengan menjadi supporter kelas mereka.

Pada tanggal 23 Desember 2022, penutupan kegiatan class meeting yang ditutup oleh Bapak Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd dan penyerahan hadiah bagi kelas yang juara di setiap lomba. Dari kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antar kelas dan melatih sportifitas siswa.

@olik