Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Upacara HAB Kemenag ke 77

Upacara HAB Kemenag ke 77

Peringatan Hari Amal Bakti ke 77 Kementerian Agama RI diselenggarakan pada Selasa, 3 Januari 2023. Hari Amal Bakti (HAB) ke 77 Kementerian Agama Kabupaten Jember diperingati dengan upacara bendera yang dilaksanakan di lapangan MAN 2 Jember dengan mengusung tema “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”. Upacara bendera diikuti oleh keluarga besar Kemenag Jember serta satuan kerja di bawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Jember. Uniknya pada upacara bendera kali ini, para peserta upacara dibagi menjadi beberapa kelompok dengan seragam yang berbeda. Hal tersebut menunjukkan bahwa saat ini kita hidup pada zaman moderasi beragama dimana terdapat keanekaragaman agama dan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Selain itu, para tamu undangan juga diinstruksikan untuk menggunakan berbagai baju adat nusantara.

Kegiatan upacara bendera dibuka dengan penampilan marching band “Bahana SanThree Nada” dari MIN 3 Jember. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan Tari Jember Marupa Rupa yang dibawakan oleh siswa-siswi dari MTsN 2 Jember. Pembina upacara Hari Amal Bakti ke 77 yaitu Bapak Muhammad, S.Sos., M.Pd.I. selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember. Selanjutnya pengibaran bendera merah putih oleh petugas bendera MAN 1 Jember. Pada kesempatan ini, pembina upacara menyampaikan pidato Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas yang diantaranya berisi tentang ajakan untuk menjadikan peringatan HAB ke 77 ini sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia. Selain itu, untuk memberikan apresiasi terhadap pengabdian kepada negara, Kementerian agama mengajukan kepada Bapak Presiden untuk pemberian penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 10.073 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama. Di Kabupaten Jember terdapat 62 ASN (Aparatus Sipil Negara) yang mendapat Satyalancana dari Bapak Presiden. Kemudian amanat pembina upacara ditutup dengan sebuah pantun : “Pakai sepatu bermerek Puma.
Sering dipakai berolahraga.
Sukses selalu Kementerian Agama.
Kerukunan umat beragama selalu dijaga”.

Pada akhir acara, kegiatan ditutup dengan penampilan paduan suara dari siswa-siswi MAN 3 Jember dan dilanjutkan dengan pembacaan doa.

@femda