Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

DWP SMAN 1 Pringgarata Antusias Ikuti Lomba Senam Gemar Gatra

DWP SMAN 1 Pringgarata Antusias Ikuti Lomba Senam Gemar Gatra

Aktif berkegiatan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) unit SMAN 1 Pringgarata ikuti Lomba Senam Gemar Gatra. Ajang ini diselenggarakan oleh DWP Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), hal ini sesuai dengan lnstruksi dari istri Gubernur NTB, Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah.

Lomba diselenggarakan secara virtual atau dalam jaringan (daring). Setiap peserta lomba merekam video senam gemar gatra kemudian mengirimnya kepada panitia. Adapun untuk batas pengumpulan video yakni sampai dengan 15 Oktober 2021 mendatang.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghidupkan kembali DWP yang ada di sekolah. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai pada bulan September lalu dan rencananya akan berakhir sampai dengan November 2021 mendatang.

DWP Unit SMAN 1 Pringgarata sendiri melakukan perekaman video lomba senam gemar gatra di Jurang Sate Desa Sepakek Kecamatan Pringgarata. Tempat ini merupakan tempat bersejarah peninggalan kolonial Belanda, yang dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai destinasi wisata dan saluran irigasi.

Menurut informasi yang disampaikan oleh anggota DWP unit SMAN 1 Pringgarata, Rohmayanti menyebutkan bahwa perwakilan dari DWP unit SMAN 1 Pringgarata yang ikut serta dalam ajang ini sebanyak 7 orang.

“Lomba senam gemar gatra DWP SMAN 1 Pringgerata di ikuti 7 orang personel, yaitu Rohmayanti, Sumarwati, Subandiyah, Sulastri, Mariatun, lsnurdiawati, Nirwana Susilawati,” ungkapnya dalam wawancara tertulis pada Selasa (26/10).

Menanggapi hal tersebut salah satu anggota DWP unit SMAN 1 Pringgarata lainnya, Subandiyah mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama pada ibu-ibu yang bisa dikatakan sudah berumur. Selain itu, Ia juga mengungkapkan bahwa Kegiatan seperti ini dapat menjadi kegiatan sampingan.

“lbu-ibu dharma wanita jangan  hanya bisa ngurus dapur saja dan kerjaan rutin kantor sekali2 kita  berolah raga untuk kesehatan dan kebugaran menuju sehat lahir bathin” ujarnya.

Dalam kesempatan yang berbeda Kepala Unit DWP SMA Negeri 1 Pringgarata, Yeni Winarsih mengungkapkan perasaan bangga atas antusiasme dan semangat yang ditunjukkan oleh personil DWP Unit SMA Negeri 1 Pringgarata.

“Maka dari itu saya ucapkan terima kasih dan bangga kepada ibu-ibu dengan semangat dan antusiasnya walaupun diantara mereka bisa dikatakan sudah berumur” ungkapnya pada saat selesai pengambilan video, Senin (26/10).

Selain itu lstri dari Kepala SMA Negeri 1 Pringgarata itu juga berharap, Senam Gemar Gatra tak hanya untuk dilombakan saja akan tetapi bisa menjadi sarana untuk menyehatkan badan, dan sarana untuk melestarikan budaya bangsa khususnya di NTB sendiri.

“Dengan ini harapakan kami juga agar senam gemar gatra tetap terlaksana dan bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari hari, selain badan jadi sehat juga bisa mengenang dan memlestarikan budaya daerah,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, tak hanya senam gemar gatra saja, paduan suara dan qasidah juga turut dilombakan. Kedua lomba tersebut dilaksanakan secara luring di SMAN 4 Praya. DWP unit SMAN 1 Pringgarata berhasil meraih juara II pada mata lomba Qosidah. (Ora)

 

Penulis: Laura Febriani

Editor: Pengelola Website