Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Tim PHP2D UNIMED Beri Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Masker Reusable Berbahan Dasar Kain Perca

Tim PHP2D UNIMED Beri Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Masker Reusable Berbahan Dasar Kain Perca

Mahasiswa Universitas Negeri Medan yang tergabung dalam Tim PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) melakukan sosilaisasi pembuatan masker reusable berbahan dasar kain perca kepada Ibu-ibu rumah tangga desa Klumpang Kampung Gg. Mawar melalui mesin jahit portabel. Adapun tim PHP2D yang melaksanakam kegiatan ini di ketuai oleh Revika Ananda Putri (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Fira Febriyanti (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Nofri Agnesita Sitanggang (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Itika Purnama Sari  (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Rohni Sari Panjaitan (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Anita Tambunan (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Emanuella Dhea (Tata Busana), Angela Helen (Tata Busana), Nadila Syahputi ( Pendidikan Bisnis), dan Adeline Federova (Kewirausahaan). Mahasiswa-mahasiswa ini dibimbing oleh Trisnawati Hutagalung, S.Pd., M. Pd. selaku dosen pendamping.

PHP2D merupakan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Tim PHP2D UNIMED berhasil lolos dan menerima dana hibah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dengan total pendaan Rp 27. 000.000-,

Revika selaku ketua tim mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi salah satu permasalahan ekonomi yang terjadi di desa Klumpang Kampung Gg. Mawar. “Berdasarkan masalah tersebut, karena di desa masih banyak warga yang menengah ke bawah maka dari itu diadakannya program PHP2D ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian desa Klumpang Kampung Gg. Mawar dengan cara membuka peluang bisnis membuat masker reusable berbahan dasar kain perca. Kami membantu menyelesaikan masalah mitra dengan memberi solusi memberdayakan masyarakat desa khususnya IRT dan memanfaatkan limbah kain perca dengan menjadikannya sebagai masker reusable serta dapat meningkatkan keterampilan IRT.”

Dosen pendamping Ibu Trisnawati Hutagalung, S.Pd., M. Pd. mengatakan bahwa “Kegiatan Program PHP2D ini akan di laksanakan di Desa Klumpang Kampung Gg. Mawar Kecamatan Hamparan Perak pada bulan Agustus hingga bulan November tahun 2021.”

Lebih lanjut beliau mengatakan, “kegiatan ini dirancang oleh mahasiswa yang tergabung dalam tim PHP2D sebagai wujud kreativitas untuk membantu mitra dalam meningkatkan peluang usaha,  dikarenakan masker menjadi komoditas yang langka disaat seperti ini. Masker kain menjadi salah satu jalan sekaligus peluang usaha dalam kesulitan masyarakat mendapatkan masker dengan harga yang terjangkau. Masker kain yang bisa juga di gunakan terus menerus hanya dengan dicuci, usaha ini juga mempunyai tujuan agar setiap golongan masyarakat dapat menggunakan masker disaat kelangkaan dan melonjaknya harga masker kesehatan di pasaran. Masker kain berbahan dasar kain perca ini dibuat sedemikian rupa agar terlihat menarik di pasaran.”

Pada kesempatan ini, Eka Yuswardi selaku kepala desa Klumpang Kampung Gg. Mawar berterimakasih serta menyatakan sangat bangga dan senang kepada tim PHP2D UNIMED yang telah melaksanakan kegiatan di desa Klumpang Kampung Gg. Mawar. Kegiatan ini diharapkan dapat membuka peluang usaha Ibu Rumah Tangga di Desa Klumpang Kampung Gg. Mawar melalui pembuatan masker reusable berbahan dasar kain perca.

Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode tinjauan langsung. Kegiatan sosialisasi PHP2D, pelatihan membuat masker reusable berbhan dasar kain perca, evaluasi, dan monitoring dilakukan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan PHP2D di Desa Klumpang Kampung Gg. Mawar memiliki harapan untuk keberlanjutan di program Wira Desa. Mengingat sumber daya manusia di Desa Klumpang Kampung Gg. Mawar memiliki potensi lebih dalam bidang menjahit. Kepala Desa telah menyampaikan harapan kedepannya supaya warga desa dapat menjahit selain menjahit masker, seperti menjahit hijab, celana untuk Sholat, dan lain-lain.