Rabu, 17 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTs Muhammadiyah Karangkajen Gelar Acara Survey Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Pesantren (MMP)

MTs Muhammadiyah Karangkajen Gelar Acara Survey Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Pesantren (MMP)

Yogyakarta (Muhammadiyah Boarding School Karangkajen) – Dalam Acara Survey Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Pesantren (MMP) Muhammadiyah Boarding School Karangkajen Yogyakarta yang diselenggarakan di aula MTs Muhammadiyah Karangkajen Unit 2, Kamis (21/10).

Papar Mudir MBS Karangkajen Hastuti Nurul Hasanah, S.Pd.I Kesehatan dalam lingkungan pesantren harus diperhatikan, merujuk dari keputusan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2019, yang memiliki program prioritas pesantren sehat. Kegiatan pendampingan untuk PHBS Akhirnya di tangkap oleh MPKO PP Muhammadiyah untuk menyelenggarakan orientasi penanggulangan TBC itu pada pesantren-pesantren Muhammadiyah se indonesia. Sebagai tindak lanjut dari pelatihan MPKO PP Muhammadiyah meminta pesantren- pesantren melakukan Rencana Tindak Lanjut (RTL) terkait SMD dan MMP.

Muhammadiyah Boarding School (MBS) Karangkajen melaksanakan acara RTL tentang PHBS (Perilaku Hidup Baik dan Sehat) di lingkungan Pesantren pada kamis tanggal 21 Oktober 2021. Tamu undangan yang di hadiri ketua RW 15 Karangkajen, Ketua RT 57 Karangkajen, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Karangkajen, Pimpinan Aisyiah Karangkajen, dan narasumber dari Puskesmas Mergangsan Okti Wulandari S.Tr.KL

Kegiatan di awali dengan sambutan Kepala Madrasah Hj. Sukarni SH.,MA. yang memaparkan bahwa catatan WHO Indonesia menduduki posisi kedua tertinggi penderita TBC dan ini menjadi salah satu alasan Muhammadiyah tergerak untuk melakukan pemberantasan TBC terutama di pondok-pondok Pesantren Muhammadiyah. Pentingnya kegiatan Acara Survey Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Pesantren (MMP) untuk mendukung kegiatan PHBS terlaksana di MBS Karangkajen sehingga menunjang kelancaran proses belajar para santri di pesantren.

Acara selanjutnya yaitu acara inti pemaparan dan arahan dari Puskesmas Mergangsan Okti Wulandari, S.Tr.KL yang menyampaikan permasalahan kesehatan berbasis lingkingan di lingkungan pesantren. Ada diskusi panel yang di pimpin ustadzah Ira Maya Shofa, yang sebelumnya mengikuti pelatihan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta terkait persoalan-persoalan permasalahan kesehatan tentang asrama tentang kesehatan yang harus mendapatkan penanganan. Kemudian acara dilanjutkan dengan rapat pengurus MBS Karangkajen untuk merumuskan RTL, merumusakan permasalahan-permasalahan yang terdapat di asrama dan mencari solusinya untuk kemudian di tindak lanjuti oleh MBS Karangkajen kerjasama dengan MTs Muhammadiyah Karangkajen dan puskesmas Mergangsan. (Eka)