Jumat, 27 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Unpad Siap Lakukan Konversi Akreditasi Perguruan Tinggi

Unpad Siap Lakukan Konversi Akreditasi Perguruan Tinggi

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran bersiap untuk mengonversi akreditasi dari A menjadi Unggul. Instrumen Suplemen Konversi (ISK) pun telah diselesaikan dengan maksimal.

Dengan konversi tersebut, diharapkan Unpad mampu terus mengembangkan kualitas proses pendidikannya untuk semakin baik dan meningkatkan kepercayaannya pada Unpad.

Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, MAIR., Ph.D. mengatakan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan Unpad, dan hasil konsinyasi telah menunjukkan bahwa Unpad dapat berada pada posisi Unggul.

Hasil dari evaluasi tersebut diharapkan dapat kembali diverifikasi dari berbagai pihak sebagai bentuk penyempurnaan.

“Insyaallah besok kita bisa submit,” kata Prof. Yanyan pada Simulasi Unggul Instrumen Suplemen Konversi yang digelar di Ruang Rapat Bersama 2 Livin Lantai 2, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (9/1/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh para pimpinan dan tim konversi akreditasi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Satuan Penjaminan Mutu Dr. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si. mengatakan bahwa ada sejumlah berkas yang telah disiapkan untuk dikirim. Persiapan ini telah dilakukan selama sekitar satu  bulan setengah di akhir 2022 lalu.

Tim pun telah berupaya melakukan perhitungan berdasarkan matriks dan terlihat bahwa Unpad dapat melampaui dari apa yang ditargetkan. Menurut perkiraan tim, peringkat akreditasi A dapat dikonversi ke peringkat akreditasi unggul.

“Tidak ada interpretasi bebas dalam hal ini. Semuanya serba terukur,” kata Funny. (arm)*