Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

150 Dosen Ikuti Workshop Publikasi Ilmiah LPPM UMJ

150 Dosen Ikuti Workshop Publikasi Ilmiah LPPM UMJ

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (LPPM UMJ) mengadakan workshop bagi dosen di lingkungan UMJ, Jumat (06/01). Workshop tersebut dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan jumlah publikasi ilmiah jurnal internasional bereputasi. Selain itu juga untuk memacu produktivitas dosen di lingkungan UMJ untuk melakukan penelitian dan penulisan artikel ilmiah. 

Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, M.Kep., hadir dan menyampaikan bahwa kampus memiliki keseriusan menghargai dan memfasilitasi para dosen dalam proses penyebaran manfaat dan publikasi baik jurnal Sinta maupun jurnal internasional bereputasi. 

Sebanyak kurang lebih 150 peserta mengikuti workshop secara daring, menyimak narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. Tri Yuni Hendrawati, M.Si., IPM, ASEAN, ENG. (Ketua LPPM UMJ) dan  Dr. Anwar Ilmar Ramadhan, M.T., (Koordinator Bidang Publikasi dan Pengelolaan Jurnal). 

Dalam kegiatan Workshop Series tersebut, kedua narasumber membagikan pengalaman dan tips dalam menyusun riset hingga dapat dipublikasikan. Tri Yuni menjelaskan hal-hal yang perlu dan penting dilakukan dalam menyusun riset diantaranya persiapan manuskrip yang matang, novelty penelitian, dll. Sementara itu Anwar memaparkan bagaimana cara melakukan penyuntingan dan submit makalah ke jurnal internasional bereputasi. 

Berdasarkan penjelasan Ketua LPPM UMJ, Workshop Series akan menjadi serangkaian kegiatan yang berkelanjutan dan dilakukan secara luring. Workshop akan memfasilitasi para dosen berkaitan dengan penulisan manuskrip. Selain itu, LPPM UMJ juga akan melakukan pendampingan bagi dosen dalam melakukan pengunggahan jurnal. (DN/KSU)