Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Uji Coba Rute BRT ULM to ULM

Uji Coba Rute BRT ULM to ULM

Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof. Dr. Ahmad, S.E., M.Si., Dekan Fakultas Teknik ULM Prof. Dr. Ir. Iphan Fitrian Radam, ST., MT., IPU., Kasubag umum kepegawaian Dinas Perhubungan Provinsi Kalimatan Selatan Deddy Hariyanto, ST dan Kepala Biro Umum dan Keuangan Akhmad Iskandar, S.Pd, M.Pd meninjau pelaksanaan uji coba bus BRT Rute Kampus ULM Banjarmasin – Banjarbaru di lingkungan kampus ULM Banjarmasin, Kamis (05/01/2023).

Dekan FT ULM Prof. Dr. Ir. Iphan Fitrian Radam, ST., MT., IPU dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa uji coba rute Bus BRT ini merupakan implementasi bantuan pelayanan transportasi dari Pemprov Kalsel kepada ULM berkaitan dengan intensitas pergerakan antar kampus ULM yang cukup tinggi. Beliau juga menjelaskan bahwa dalam ujicoba ini beberapa hal sudah memenuhi syarat terutama pada radius belok dan curbside rencana halte.

Namun beliau menambahkan bahwa masih ada beberapa yang perlu ditingkatkan untuk menunjang pelayanan nantinya. “Titik halte sebagai tempat turun/naik penumpang secepatnya diberi minimal rambu bus stop, menyediakan tempat/ruang tunggu pada titik awal/ akhir pergerakan di dalam kampus, dan tidak kalah penting adalah sosialisasi internal.” Ucap beliau.

Sedangkan rencana halte didalam kampus sudah dipetakan dan ada enam titik yang berpotensi terjadi tarikan/bangkitan pergerakan yaitu Lambung Mangkurat Medical Centre (LMMC), simp. BNI, depan Rektorat, Simp. Poliban, Simp. FISIP, dan Gedung Pascasarjana. Kedepannya rute ULM to ULM ini menjadi rute yang definitif untuk menunjang pelayanan transportasi baik untuk masyarakat kampus maupun umum.

Teman Bus Banjarmasin atau Trans Banjarbakula adalah moda transportasi publik yang menjadi bagian dari program Teman Bus gagasan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Sesuai namanya, operasional layanan Teman Bus Banjarmasin meliputi wilayah Banjarmasin, Banjar, Banjarbaru, Barito Kuala dan Tanah Laut.