Jumat, 27 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Rektor Beri Pengarahan dalam Rangka Persiapan Akreditasi 2024

Rektor Beri Pengarahan dalam Rangka Persiapan Akreditasi 2024

Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof. Dr. Ahmad, S.E., M.Si., memberikan pengarahan kepada jajaran tenaga pendidik (dosen) di lingkungan ULM. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (5/1/2022) di General Building ULM Banjarmasin.

Pemberian pengarahan ini disampaikan dalam rangka peningkatan kualifikasi pendidikan dan terkait dengan kenaikan jabatan akademik fungsional dosen. Dalam materi beliau, Prof. Ahmad menyampaikan pentinganya kenaikan pangkat akademik Dosen. Menurut data dan hasil evaluasi disampaikan Rektor bahwa selama 3 tahun terakhir terhitung kurang lebih sebanyak 370-an dosen yang belum pernah mengajukan kenaikan pangkat akademik. Kondisi ini menurut Rektor tidak menguntungkan ULM.

“Mestinya 30% dari Lektor Kepala sudah harus menjadi Guru Besar. Kita harus mengejar ketertinggalan ini, semampunya dan secepat mungkin,” tutur Rektor.

Rektor menyampaikan bahwa upaya menaikkjabatan fungsional akademik ini juga dalam rangka mempersiapkan proses akreditasi institusi yang akan dilakukan tahun 2024 nantinya. Selain itu, Rektor juga menyampaikan target agar semua fakultas membuka program pascasarjana minimal 3 program studi. Hal tersebut untuk mendorong percepatan peningkatan ULM di bidang publikasi sekaligus mendorong penguatan ULM sebagai perguruan tinggi.

“Target-target ini harus kita desain agar kita bisa mngejar itu semua,” ucap beliau.

Rektor juga menyampaikan agar fakultas dan program studi berkolaborasi untuk merancang strategi pembimbingan mahasiswa semester akhir agar mahasiswa bisa segera menyelesaikan tugas akhir dan lulus tepat waktu. Hal ini juga berkaitan dengan penilaian akreditas universitas.