Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Kaleidoskop 2022: Peringkat ULM dalam SIR, Webometrics, & UniRank 2022

Kaleidoskop 2022: Peringkat ULM dalam SIR, Webometrics, & UniRank 2022

ULM Peringkat 38 Dalam Pemeringkatan 4ICU 2022

Peringkat ULM tahun 2022 berdasarkan penilaian 4ICU naik cukup signifikan keperingkat 38 dari tahun sebelumnya yang berada diposisi 60an. Pemeringkatan perguruan tinggi versi 4ICU dilakukan berdasarkan sistem algoritma lima website yang dianggap netral dan independen yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains, serta Majestic Trust Flow. 4ICU uniRank menilai perguruan tinggi yang memiliki kriteria sudah diakreditasi oleh organisasi resmi, menyelenggarakan pembelajaran sarjana dan pascasarjana, serta memiliki program pembelajaran tatap muka dan jarak jauh. Tujuan pemeringkatan ini sendiri adalah untuk menyediakan klasemen non-akademik dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan dunia berdasarkan metrik website yang valid juga tanpa bias dan pengaruh apa pun, yang disediakan oleh sumber-sumber web intelligence independen dan bukan data yang dikumpulkan oleh perguruan tinggi itu sendiri.

ULM Peringkat 37 Dalam Pemeringkatan SiR 2022

Penilaian versi Scimago Institutions Rankings (SIR) dilakukan setiap tahun dari hasil yang diperoleh selama periode lima tahun yang berakhir dua tahun sebelum edisi pemeringkatan. SIR menyediakan statistik keseluruhan dari publikasi ilmiah dan output lembaga lainnya. Setiap indikator dihitung dari kombinasi indikator yang berbeda. Tiga indikator utama yang digunakan adalah kinerja penelitian 50 persen, hasil inovasi 30 persen, dan dampak sosial yang diukur dari visibilitas website perguruan tinggi yang bersangkutan 20 persen. ULM pada tahun 2022 naik keperingkat 37 dari peringkat 39 pada tahun 2021

ULM Peringkat 46 Dalam Pemeringkatan Webometrics Semester 2

The Webometrics Ranking of World Universities merupakan inisiatif dari Cybermetrics Lab merupakan sebuah kelompok dari badan penelitian publik terbesar di Spanyol. Lembaga ini melakukan pemeringkatan perguruan tinggi dengan basis penilaian dari website suatu universitas. Peringkat kampus nantinya akan terbit setiap dua kali per tahun, yakni pada Januari dan Juli. Peringkat ULM pada semester 2 ini mengalami penurunan dari posisi sebelumnya diposisi 41 pada semester 1 tahun 2022, namun dari tahun 2020 peringkat ULM terus mengalami tren positif dimana pada tahun 2020 pada peringkat 170 (Semester 1) dan 64 (Semester 2) dan pada tahun 2021 diperingkat 61 (Semester 1) dan 68 (Semester 2)

Pemeringkatan Webometrics bertujuan mendorong akses terbuka untuk karya ilmiah dan materi akademik di perguruan tinggi. Karena itu, Webometrics menekankan jejaring eksternal dan jumlah sitasi karya ilmiah dalam proses pemeringkatan universitas terbaik dunia ini. Pemeringkatan Webometrics 2022 menggunakan indikator visibilitas 50 persen, transparansi atau keterbukaan berbobot 10 persen, dan karya ilmiah berbobot 40 persen yang dihitung dari jumlah publikasi ilmiah di antara Top 10% karya ilmiah paling banyak dikutip dari 27 disiplin ilmu selama 2016-2020.