Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

ERDAMS Berikan Cek Kesehatan Gratis di SMP PGRI 1 Ciputat

ERDAMS Berikan Cek Kesehatan Gratis di SMP PGRI 1 Ciputat

ERDAMS Fakultas Kesehatan Masyarakat UMJ berikan layanan kesehatan gratis pada 50 guru dan siswa SMA PGRI 56 Ciputat dan SMP 1 PGRI Ciputat. Dalam kegiatan Medical Check Up Corporate Social Responsibillity bersama SMP PGRI 1 Ciputat, Senin (09/01). Layanan kesehatan digelar dalam bentuk General Medical Check Up (GMCU) bagi guru dan siswa SMP PGRI 1 Ciputat, dan SMA PGRI 56 Ciputat.

ERDAMS berkesempatan terlibat dalam program tersebut atas kerja sama dengan Kelompok Kerja Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ yang tengah menyelesaikan tugas praktikum. Dalam kegiatan tersebut, guru dan siswa dapat melakukan cek kadar gula darah dan asam urat. Lilis, salah satu guru SMP PGRI 1 Ciputat mengaku terbantu dengan adanya medical check up.

“Kegiatan yang sangat bagus. Alhamdulillah saya jadi bisa tau kadar gula darah dan asam urat saya, karena sudah lama juga saya tidak kontrol ke dokter. Dengan Hadirnya ERDAMS ke skolah kami, sangat membantu para guru dan karyawan disini dan kami tidak perlu mengeluarkan biaya untuk cek kadar gula darah dan asam urat,” ucap Lilis.

Gula darah merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Pada taun 2008 Diabetes Mellitus (DM) sebagai salah satu penyakit golongan Non-Communicable Disease (NCD), kini menjadi perhatian dunia dengan angka kematian 1,3 juta jiwa. Di Indonesia DM dan komplikasinya yaitu penyakit kardiovaskular menjadi penyebab kematian tertinggi sebesar 33% dari seluruh kasus pada tahun 2008 (WHO, 2011).

Sementara itu, hiperurisemia merupakan suatu keadaan dimana kadar asam urat yang melebihi batas normal (>7,0 mg/dl). Hiperurisemia merupakan salah satu faktor risiko berbagai penyakit seperti artritis gout, penyakit kardiovaskular, hipertensi, penyakit ginjal kronik, dan Peripheral Arterial Disease (PAD).

Erdams, Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ dan guru SMA PGRI 56 Ciputat setelah cek gula darah dan asam urat, senin (09/10).

Ketua Umum ERDAMS FKM UMJ Raihan Ali mengatakan, “Cek kesehatan di SMA PGRI 56 Ciputat dan SMP 1 PGRI Ciputat ini adalah awal dari kegiatan ERDAMS FKM UMJ di tahun yang baru. Semoga dengan datangnya kami (ERDAMS FKM UMJ) dapat bermanfaat dan memberikan yang terbaik untuk para guru dan staf SMA PGRI 56 Ciputat dan SMP 1 PGRI Ciputat, serta seluruh masyarakat,” pungkas Raihan Ali. (DN/KSU)