Sabtu, 04 Februari 2023
Perguruan Tinggi

UB Bersama 15 PTN Tandatangani Kesepakatan Kerjasama dengan PLN

UB Bersama 15 PTN Tandatangani Kesepakatan Kerjasama dengan PLN
Sebanyak 16 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Termasuk UB Melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama bersama PT PLN (Persero)

Universitas Brawijaya (UB) bersama 15 Perguruan Tinggi Negeri melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian. Penandatanganan kerjasama dilakukan di Jakarta (10/1/2023).
Sekretaris Direktorat Kerjasama dan Internasionalisasi Muamar Khadafi, S.Kom, M.M., menjelaskan implikasi kerjasama kedua belah pihak diwujudkan dalam bentuk penggunaan dan pendayagunaan sumber daya peneliti.
“Bentuk penerapan kerjasama kedua belah pihak dilakukan dalam penelitian dan pengembangan pengetahuan bersama terkait dengan bisnis ketenagalistrikan yang meliputi pembangkitan, transmisi dan distribusi, publikasi hasil penelitian dan pengembangan berupa jurnal dan international conference dari penelitian tersebut; serta transfer ilmu pengetahuan dari kedua belah pihak,”katanya.
Dia menambahkan, luaran atau output yang diharapkan dari kerjasama tersebut berupa laporan penelitian, jurnal atau paper conference, prototype/model, serta paten atau HAKI.
Sebelum dengan UB, PT PLN (Persero) juga telah melakukan kerjasama dengan sembilan PTN, antaralain ITS, UGM, Unpad, dan Undip.
Kerjasama yang telah dijalin dengan sembilan PTN tersebut menghasilkan sejumlah publikasi penelitian dalam bidang Power System Protection, Renewable Energy, Digitalisasi, Electrifying Lifestyle, serta Energy Transition. [OKY/Humas UB]